Keutamaan Durriyah Nabi


HASIL KAJIAN BM NUSANTARA 
(Tanya Jawab Hukum Online)

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

DESKRIPSI:

Sopo dan Jarwo (nama samaran) suatu malam mempunyai tugas menjaga keamanan di Desanya. Saat keduanya sedang duduk di Poskamling, lalu Sopo memulai pembicaraan terkait  Fenomena pada Durriyah Nabi di Medsos dengan mengatakan; "Enaknya menjadi Durriyah Nabi, karena bisa berbuat semaunya sendiri tanpa takut dosa seperti mencela, memaki, menghina sehingga meskipun banyak yang membencinya, tetapi toh akhirnya tetap saja durriyah Nabi tersebut dijamin masuk surga karena keutamaannya sebagai Durriyah Nabi yang Ma'shum, masak iya neraka mau nyiksa Ahlil Bait Rasulullah SAW. Sedangkan Saya (Sopo) sendiri sebagai orang Pribumi Jawa Asli, kalau mencuri Ayam saja bisa kekal selamanya didalam Neraka. Makanya Saya iri kepada para durriyah Nabi itu. Tapi ada pula durriyah Nabi Palsu (Orang yang mengaku sebagai Durriyah Nabi) yang justru dengan pengakuannya Dia meminta-minta dan memeras pada Orang lain."

Kemudian Jarwo mengatakan; "Hus jangan berkata seperti itu, Kita yang bodoh ini diam saja. Kita beda dengan para durriyah Nabi, Orang Alim saja kalah pangkatnya (keutamaannya) dengan durriyah Nabi, apalagi kita yang bodoh ini. Makanya Kita sebagai Orang yang bukan kalangan durriyah Nabi tidak boleh menikahi Wanita-wanita Durriyah Nabi. Cuman kita ini wajib mencintai durriyah Nabi tanpa tebang pilih. Sudah diam saja, yang penting Kita jaga Desa ini biar aman dari para Maling atau pencuri

PERTANYAAN:

Apa sajakah keutamaan-keutamaan sebagai durriyah Nabi?

JAWABAN:

Keutamaan Dzurriyah Rasul adalah banyak diantaranya :

a. Adalah dihilangkan atau terampuninya dosa dan keburukan dari mereka, dibersihkan dari akhlaq akhlaq tercela.

b. Sebagai manusia termulia dari sisi nasab dan garis keturunannya.

c. Keturunan nasab dengan Rasulullah SAW akan tetap bersambung dan bermanfaat di Dunia dan di Akhirat.

d. Memandang wajah dzurriyah Rasulullah SAW adalah ibadah.

e. Mencintai dan menghormati mereka demi Rasulullah SAW adalah kewajiban setiap muslim

f. Ummat pertama yang mendapat syafaat Nabi Muhammad SAW.

g. Berbuat baik kepada mereka akan langsung di balas Rasulullah SAW kelak di hari kiamat.

REFERENSI:

الاجوبة الغالية الصحفة ١٩٠-١٩١

س : ما الآيات والأحاديث الدالة على فضائل أهل البيت وصحة انتسابهم لجدهم رسول الله صلى الله عليه وسلم ؟


Artinya : Ayat-ayat dan hadist apa yang menunjukkan atas keutamaan ahlul bait, dan sahnya bernasabnya mereka kepada kakeknya yaitu Rosululloh ?


ج : من ذلك قوله تعالى : { إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا ( ٣٣ )} الآية ، قال العلماء : قوله أهل البيت يشمل السكني وبيت النسب فزوجاته عليه السلام أهل بيت السكنى وأقاربه أهل بيت النسب

Adapun ayat yang menunjukkan hal itu diantaranya ayat : "Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai Ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya (QS. Al-Ahzab 33: Ayat 33) Ulama' berpendapat: "Kalimat ahlul bait meliputi ; Keluarga yang serumah (ahlu baitis sukna) Keluarga yang merupakan keturunan (ahlu baitin Nasab)." Para Istri Nabi termasuk ahlu baitis sukna. Dan para sanak kerabat Nabi termasuk ahlu baitin Nasab.

وقد جاءت أحاديث تدل على ذلك ، منها ما أخرجه الإمام أحمد عن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال : (( إن هذه الآية نزلت في النبي صلى الله عليه وسلم وعلي وفاطمة والحسن والحسين رضي الله عنهم ))٠


Dan sungguh terdapat hadits-hadits yang menunjukkan hal itu, diantaranya hadist yang di keluarkan oleh Imam Ahmad dari Sanad Abu Said al-Khudri yang menyatakan: "Sesungguhnya ayat ini turun menjelaskan tentang Nabi, Ali, Fathimah, Hasan dan Husain.


وصح أنه صلى الله عليه وسلم جعل على هؤلاء کساء وقال : ( ( اللهم هؤلاء أهل بيتي وخاصتي أذهب عنهم الرجس وطهرهم تطهيرا ) )٠ وفي رواية : (( ألقى عليهم كساء و وضع يده عليهم وقال : اللهم إن هؤلاء آل محمد فاجعل صلواتك وبركاتك على محمد وعلى آل محمد إنك حميد مجيد ))٠


Dan hadist shohih yang menjelaskan bahwasanya Nabi menyelimuti mereka, kemudian Beliau berdoa: " Ya Allah ! Mereka adalah keluargaku danorang-orang dekatku, bersihkanlah mereka dari dosa dan sucikanlah mereka se-suci-sucinya. Dalam riwayat lain : Nabi menyelimuti mereka dan Nabi meletakkan tangannya diatas mereka seraya berdoa: " Ya Allah !, Mereka adalah keluarga Muhammad, maka jadikanlah rahmat ta'dzim dan barokah - Mu kepada Muhammad dan keluarga Muhammad !, Sesungguhnya Engkau adalah Tuhan yang Maha Terpuji lagi Maha Agung".

ومن الآيات الدالة على فضلهم قوله تعالى : فَمَنْ حَآجَّكَ فِيهِ مِنۢ بَعْدِ مَا جَآءَكَ مِنَ الْعِلْمِ فَقُلْ تَعَالَوْا نَدْعُ أَبْنَآءَنَا وَأَبْنَآءَكُمْ وَنِسَآءَنَا وَنِسَآءَكُمْ وَأَنْفُسَنَا وَأَنْفُسَكُمْ ثُمَّ نَبْتَهِلْ فَنَجْعَل لَّعْنَتَ اللَّهِ عَلَى الْكٰذِبِينَ


Siapa yang membantahmu dalam hal ini setelah engkau memperoleh ilmu, katakanlah (Muhammad), Marilah kita panggil anak-anak kami dan anak-anak kamu, istri-istri kami dan istri-istrimu, kami sendiri dan kamu juga, kemudian marilah kita bermubahalah agar laknat Allah ditimpakan kepada orang-orang yang dusta. (QS. Ali 'Imran Ayat 61)

قال أهل التفسير : لما نزلت هذه الآية دعا رسول الله صلى الله عليه وسلم عليا وفاطمة والحسن والحسين رضي فاحتضن الحسين وأخذ بيد الحسن ومشت فاطمة خلفه وعلي خلفهما وقال : اللهم هؤلاء أهلي


Ahli Tafsir berpendapat : ketika turun ayat ini Rosululloh memanggil Ali, Fatimah, Hasan dan Husain, kemudian Beliau memangku Husain,  dan memegang tangan Hasan, lalu Fatimah ada di belakang Beliau dan Ali di belakang mereka berdua, lalu Rosulullah berdoa : " Ya Allah,  mereka adalah keluargaku !"


الاجوبة الغالية، الصحفة ١٩٠

فضائل أهل بيت رسول الله٠


Artinya : Keutamaan Ahlul Bait.


س : هل الاتصال به صلى الله عليه وسلم والانتساب إليه من أعظم المفاخر ؟


Soal: Apakah bersambungnya keluarga dengan Rosululloh dan bernasab kepada Rosululloh itu termasuk suatu kebanggaan yang agung?


ج : نعم ، الاتصال به صلى الله عليه وسلم والانتساب إليه من أعظم وأشرف المأثر عند ذوي العقول والبصائر ، وأن أصوله وفروعه صلى الله عليه وسلم أشرف الأصول والفروع لاتصال نسبهم بنسبه، وارتباط حسبهم بحسبه٠


Jawab: Benar, bersambungnya keluarga dengan Rosululloh dan bernasab kepada Rosululloh itu termasuk membawa pengaruh yang sangat agung dan mulya menurut para Ulama' dan Auliya', dan sesungguhnya nenek moyang maupun keturunan merupakan nenek moyang dan keturunan termulya disebabkan bersambungnya nasab mereka dengan Rosululloh, dan sebab keterikatan kedudukan atau derajat mereka dengan Rasulullah.


وقد اتفق علماء الله على أن السادة الأشراف أحسن الناس عنصرا من جحمة الآباء والجدود وأنهم متساوون مع غيرهم في الأحكام الشرعية والحدود


Para Ulama' sepakat bahwa sesungguhnya para Sayyid yang mulia merupakan orang-orang yang memiliki unsur terbaik dari jalur para Ayah maupun para Kakek Buyut mereka. Dan ulama' juga sepakat bahwasanya mereka memiliki kedudukan yang sama seperti orang selain mereka dalam masalah hukum-hukum syara' maupun dan hukum-hukum Had.


الاجوبة الغالية، الصحفة ١٩٥

س : هل الانتساب إليه صلى الله عليه وسلم نافع في الدنيا والآخرة ؟


Artinya : Soal: Apakah penisbatan atau perhubungan Nasab dengan Rosululloh bermanfaat di Dunia maupun di Akhirat ?


ج : نعم ، الانتساب إليه صلى الله عليه وسلم نافع في الدنيا والآخرة٠


Jawab: Benar!. Penisbatan atau perhubungan Nasab dengan Rosululloh bermanfaat di Dunia maupun di Akhirat.


س : ما الدليل على ذلك ؟

Apa dalil dari hal itu ?


ج : لذلك أدلة كثيرة منها قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( ( كل نسب وصهر ينقطع يوم القيامة إلآ نسبي وصهري ) ) رواه ابن عساكر عن عمر بن  الخطاب رضي عنه
فهذا الحديث يدل على عظيم نفع الانتساب إليه صلى الله عليه وسلم


Hadist yang menjelaskan hal itu banyak,  diantaranya ;. Nabi bersabda : "Setiap hubungan Nasab maupun hubungan kekerabatan karena pernikahan akan terputus dihari kiamat nanti kecuali nasab ku dan kekerabatan pernikahan ku" (Hadis riwayat Ibnu Asakir dari sanad Umar bin Khottob) Hadis ini menunjukkan begitu agungnya manfaat bersambungnya nasab dengan Rasulullah.

ومنها : ما أخرج البزار و الطبراني وغيرها من حديث طويل قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : ( ( ما بال أقوام يزعمون أن قرابتي لا تنفع ، إن كل سبب ونسب   منقطع يوم القيامة إلا سببي  ونسبي ، و رحمي موصولة في الدنيا والآخرة ) )


Hadist yang di keluarkan al-Bazzar dan at-Thobroni dan hadist lainnya dari hadist yang panjang,  Nabi bersabda : "Apa yang merasuki pikiran kaum sehingga mengira bahwa hubungan kekerabatan dengan Ku tidak bisa membawa manfaat. Sesungguhnya setiap sebab dan nasab terputus di hari kiamat kecuali sebab, nasab, dan kekerabatanku akan terus tersambung di Dunia maupun di Akhirat".


تنبيه الغافلين بأحاديث سيد الأنبياء والمرسلين، صفحة ٤٤٣

- وَرُوِيَ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , أَنَّهُ قَالَ: «النَّظَرُ فِي وَجْهِ الْعَالِمِ عِبَادَةٌ، وَالنَّظَرُ فِي الْكَعْبَةِ عِبَادَةٌ، وَالنَّظَرُ فِي الْمُصْحَفِ عِبَادَةٌ»٠


Artinya : Diriwayatkan hadist dari Nabi bahwasanya Nabi bersabda ; "Memandang wajah orang 'Alim adalah Ibadah, memandang Ka'bah adalah ibadah dan melihat mushaf  Al-Qur'an adalah ibadah.


قَالَ الْفَقِيهُ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ لَوْ لَمْ يَكُنْ لِحُضُورِ مَجْلِسِ الْعِلْمِ مَنْفَعَةٌ سِوَى النَّظَرُ إِلَى وَجْهِ الْعَالِمِ لَكَانَ الْوَاجِبُ عَلَى الْعَاقِلِ أَنْ يَرْغَبَ فِيهِ، فَكَيْفَ وَقَدْ أَقَامَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعَالِمَ مَقَامَ نَفْسِهِ٠


Imam al-Faqih Abul Laits as-Samarqondi berkata: "Jikalau menghadiri majlis ilmu tidak ada manfaat selain memandang wajah orang Alim, tentulah wajib bagi orang yang berakal untuk menyukai hal itu, bagaimana tidak ? Sedangkan Nabi sendiri menempatkan orang 'Alim pada kedudukan beliau (sebagai penerus para Nabi).


الاجوبة الغالية، الصحفة ١٨٤

س. ما حكم محبة اهل البيت النبوي في دين الاسلام ؟


Bagaimana hukumnya mencintai keluarga atau keturunan Rosululloh dalam pandangan agama Islam ?


ج.اعلم انه من المشهور والمعلوم عند الخاص والعام ان محبة اهل البيت النبي وذريته فرض على كافة اهل الاسلام ،
وقد ثبت في الآيات القرآنية والسنة النبوية الحث على محبتهم والامر بمودتهم ودرج على ذالك اعلام الصحابة والتابعين وائمة السلف المهتدين٠


Ketahuilah bahwasanya sudah masyhur dan maklum, baik menurut golongan khusus maupun awam bahwa hukum mencintai keluarga dan keturunan Rosululloh wajib bagi semua Muslim. Dan sungguh hal itu telah ditetapkan dalam ayat Al Quran dan Hadis Nabi yang memotivasi untuk mencintai mereka dan perintah untuk menyayangi mereka, termasuk juga para Ulama' pembesar dari golongan Shohabat, Tabi'in dan para Imam Ulama' Salafus Sholih yang mendapat petunjuk.


سبل الهدى والرشاد في سيرة خير العباد، الجزء ١١ الصحفة ١١ 

روى الديلمي في الفردوس عن ابن عمر- رضي الله تعالى عنهما- قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «أول من أشفع له يوم القيامة من أمتي أهل بيتي ثم الأقرب، فالأقرب» قال: «ثم الأنصار، ثم من آمن بي واتبعني من أهل اليمن ثم سائر العرب ثم العجم»


Ad-Dailami meriwayatkan dalam kitab al-Firdaus, hadist dari Ibnu Umar, Dia berkata ; "Rosululloh bersabda : "Orang yang pertama kali aku syafaati di hari kiamat dari golongan umatku adalah keluargaku, kemudian sanak kerabat terdekat, kemudian yang terdekat (muhajirin), kemudian orang ansor, kemudian orang yang beriman kepadaku dan mengikutiku dari golongan penduduk Yaman, kemudian golongan arab lainnya, kemudian, golangan ajam (non Arab)".


سبل الهدى والرشاد في سيرة خير العباد، الجزء ١١ الصحفة ١١

وروى الملا وأبو سعيد النيسابوري عن علي- رضي الله تعالى عنه- قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: «من صنع إلى أحد من أهل بيتي يدا كافأته عنه يوم القيامة»٠


Mulla Ali al-Qori dan Abu Said an-Naisaburi meriwayatkan hadits dari Sanad Ali, Dia berkata : "Rosululloh bersabda ; "Barang siapa yang menolong / memberi bantuan kepada salah satu keluargaku, maka Aku akan membantunya besok di hari kiamat".


وروى الديلمي عن علي- رضي الله تعالى عنه- قال: أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: «أربعة أنا لهم شفيع يوم القيامة، المكرم لذريتي، والقاضي لهم حوائجهم، والساعي لهم في أمورهم عند ما اضطروا إليه، والمحب لهم بقلبه ولسانه»٠


Ad-Dailami meriwayatkan hadits dari sanad Ali, Dia berkata:"Bahwasanya Rosululloh bersabda : "Ada 4 golongan, yang akan Aku sendiri akan memberi syafaat kepada mereka di hari kiamat antara lain. Orang yang memulyakan keturunanku. Orang yang memenuhi kebutuhan keturunanku. Orang yang membantu meringankan urusan keturunanku ketika mereka kesulitan. Orang yang mencintai mereka dengan hati dan lisan mereka.

والله أعلم بالصواب

 و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

 PENANYA

Nama : Habib Abdullah bin Idrus bin Agil

Alamat : Tumpang Malang Jawa Timur

_______________________________

MUSYAWWIRIN :

Member Group WA Tanya  Jawab Hukum. 


PENGURUS :

Ketua : Ust. Zainullah Al-Faqih

Wakil : Ust. Suhaimi Qusyairi

Sekretaris : Ust. Sholihin

Bendahara : Ust. Syihabuddin


TIM AHLI :

Kordinator Soal : Ust. Qomaruddin

Deskripsi masalah : Ust. Taufik Hidayat

Moderator : Ust. Zainullah Al-Faqih

Perumus : Ust. Asep Jamaluddin, Ust. Anwar Sadad, Ust. Zainul Qudsiy

Muharrir : Ust. Mahmulul Huda,

Editor : Hosiyanto Ilyas

Terjemah Ibarot : Ust. Robit Subhan, Ust. Abd. Lathif


PENASEHAT :

Habib Abdullah bin Idrus bin Agil

Gus Abd. Qodir

LINK GROUP TANYA JAWAB HUKUM :
https://t.me/joinchat/ER-KDnY2TDI7UInw

_________________________


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

Hukum Anak Zina Lahir 6 Bulan Setelah Akad Nikah Apakah Bernasab Pada Yang Menikai Ibunya ?

Hukum Menjima' Istri Sebelum Mandi Besar ?