Hukum Memegang Hp yang Ada Aplikasi Al-Qur'an


HASIL KAJIAN BM NUSANTARA 
(Tanya Jawab Hukum Online)

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

DESKRIPSI:

Rosyidah (nama samaran) mempunyai HP yang terdapat aplikasi Al-Qur'an. Dia sangat Hobi sekali membaca Al-Qur'an melalui aplikasi tersebut. Meskipun Dia sedang Haidl, masih saja Dia membaca Al-Qur'an Aplikasi tersebut didalam hatinya. HP-nya tersebut Dia bawa kemana-mana dan kadang HP tersebut diletakkan di dalam Jok Sepeda karena HPnya takut basah saat kehujanan dalam perjalanan.

Rosyidah juga berprofesi sebagai guru pengajar Ulumul Qur'an di Sekolah dekat Rumahnya. Dan tak jarang Dia-pun kadang menulis sebagian ayat-ayat Al-Qur'an dipapan tulis meskipun dalam keadaan Haidl.

PERTANYAAN:

Bagaimana hukumnya Rosyidah saat sedang haidl memegang Al-Qur'an Aplikasi yang ada di HPnya?

JAWABAN:

Boleh memegang HP yang ada aplikasi al Qur'an didalamnya. Baik saat dibuka aplikasinya lebih-lebih tidak dibuka, karena al Qur'an yang tapak didalam HP bukan tulisan yang dianggap mushaf.

Namun demikian sebagai bentuk kehati-hatian hendaknya tidak membuka aplikasi al Qur'an pada saat udhur (hurujan minal hilaf), karena ada sebagian mendapat tetap mengganggap mushaf.

REFERENSI:

شرح الياقوت النفيس، الصحفة ٨٢ - ٨٣

حكم حمل المصحف المسجل على الأشرطة ظهر حديثا فى الأسواق أشرطة تسجيل مسجل فيها القرأن الكريم بأكملة يكون المصحف من عشرين شريطا تقريبا فهل حكم هذا المصحف كحكم المصحف المكتوب؟ الذى أرى أن التسجيل على الشريط يحصل بأحرف منقوشة تثبت على الشريط وعلى هذا فيكون له حكم المصحف وقد قامت بعض الجمعيات فى مصر بتسجيل هذا المصحف بقراآت مجودة وأصوات جميلة على أسطوانات خاصة وعلى أشرطة كاسيت وتسمى مصحفا وأعتقد أن له حكم المصحف والأحوط للمسلم أن يحتاط


Artinya : Hukum membawa mushaf  yang direkam pada kaset. Baru baru ini di pasaran muncul kaset rekaman, bernentuk rekaman bacaan Alquran alkarim dengan secara sempurna didalamnya, kurang lebih mushaf Al-Qur'an mencapai 20 rekaman, maka apakah hukum rekaman ini sama seperti hukum mushaf tertulis ? Yang Aku yakini adalah bahwasanya rekaman pada kaset itu hasil dari huruf yang cetak lekat pada kaset. Kalau seperti itu, maka rekaman tadi hukumnya seperti mushaf. Dan sebagian institusi di Mesir membuat rekaman mushaf ini dengan bacaan-bacaan yang bagus dan suara-suara yang indah pada disk yang khusus dan pada pita kaset, dan dinamakan mushaf. Dan Saya meyakini bahwasanya hal itu memiliki hukum yang sama pada mushaf, dan adapun  yang lebih berhati-hati bagi orang Islam adalah agar memgambil pendapat yang hati-hati (pendapat yang menyatakan termasuk katagori mushaf).


فإن قيل إن التسجيل هذا إنما هو الصدى وقد سجل للسماع لا للقراءة ؟ إنه فعلا صدى ولكنا لو نظرنا إلى القصد من الأذان حقيقة أليس هو الإعلام؟ وقد حصل به٠ ولبعض الفقهاء أقوال تعبروا عن أرائهم ومفاهيمهم وليس من الضرورى قبولها كقولهم لو نظر إنسان إلى صورة امرأة فى مرأة فيجوز له النظرإليها إنما ينظر إلى الصورة فى المرأة حتى ولو كانت عارية فمثل هذا الكلام نظر ومن الصعب على النفس تقلبه٠


Apabila ditanyakan "Sesungguhnya rekaman  itu hanya hasil dari suatu gema dan benar benar direkam untuk didengarkan bukan untuk dibaca ?, Maka jawabnya adalah : "Sesungguhnya rekaman itu memang gema, tapi kalau Kita angan-angan bukankah haqiqat tujuan azan ialah memberi tahu masuknya waktu ? Dan itupun bisa hasil dengan gema. Dan sebagian Ulama' fiqih memiliki beberapa pendapat yang mengungkapkan tentang pandangan dan pemahaman mereka, dan secara pasti tidak bisa langsung menerimanya, seperti pendapat mereka: "Apabila Manusia melihat pada gambar Perempuan di cermin, maka boleh baginya untuk melihatnya, karena itu hanya melihat gambarnya di cermin, bahkan apabila perempuan tersebut dalam keadaan telanjang". Maka seperti pendapat-pendapat ini perlu kajian, dan yang tersulit dalam hati adalah menerima pendapat tersebut .


نهاية الزين، الصحفة ٣٢

ورابعها مس المصحف ولو بحائل ثخين حيث عد ماسا له عرفا والمراد بالمصحف كل ما كتب فيه شيء من القرآن بقصد الدراسة كلوح أو عمود أو جدار كتب عليه شيء من القرآن للدراسة فيحرم مسه مع الحدث حينئذ


Artinya : Ke-empat adalah memegang mushaf walaupun dengan penghalang yang tebal, sekiranya dianggap memegang secara urfnya. Dan yang dikehendaki dengan mushaf adalah setiap sesuatu yang tertulis didalamnya suatu dari Al-Qur'an dengan tujuan untuk dibaca, seperti papan, pilar, tembok, yang ditulis diatasnya suatu Al-Qur'an dengan tujuan untuk dibaca, maka ketika seperti itu, haram memegangnya saat hadats.


البجيرمي على الخطيب، الجزء ٣ الصحفة ٤٩٨

وقوله " كتابة " وضابط المكتوب عليه كل ما ثبت عليه الخط كرق وثوب سواء كتب بحبر أو نحوه ونقر صور الأحرف في حجر أو خشب أو خطها على الأرض فلو رسم صورتها في هواء أو ماء فليس كتابة في المذهب كما قاله الزيادي


Artinya : Ucapan pengarang kitab "tulisan" Adapun batasan dari tempat tulisan adalah setiap perkara yang tulisannya itu bisa tetap, seperti kertas dan kain, baik ditulis dengan tinta atau semisalnya, atau seperti mengukir beberapa bentuk huruf pada batu atau kayu atau menulisnya di tanah. Apabila bentuk huruf tersebut ditulis di Awang-awang (udara) atau di Air maka hal itu tidak bisa disebut sebagai tulisan menurut qoul Mazhab seperti yang dikatakan Imam Az-Zayadi.


نهاية المحتاج، الجزء ١ الصحفة ١٢٤

وليس من الكتابة ما يقص بالمقص على صورة حرف القرآن من ورق أو قماش فلا يحرم مسه وينبغي أن يكون بحيث يعد لوحا للقرآن عرفا، فلو كبر جدا كباب عظيم فالوجه عدم حرمة مس الخالي منه عن القرآن، ويحتمل أن حمله كحمل المصحف في أمتعة


Artinya : Dan bukan termasuk dari tulisan adalah sesuatu yang dipotong dengan gunting dengan bentuk huruf Al-Qur'an baik berupa kertas atau jenis kain, maka tidak haram memegangnya. Dan hendaknya adanya benda tersebut dianggap sebagai papan untuk tulisan Al-Qur'an secara urf, kalau benda tersebut sangat besar seperti pintu yang besar, maka menurut pendapat yang unggul, tidak haram memegang bagian yang  tidak ada tulisan Al-Qur'annya, dan bisa jadi hukum membawa pintu tadi seperti hukum membawa mushaf bersamaan dengan harta benda.


  والله أعلم بالصواب

و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

PENANYA

Nama : Habib Abdullah bin Idrus bin Agil
Alamat : Tumpang Malang Jawa Timur
_______________________________

MUSYAWWIRIN :

Member Group WA Tanya  Jawab Hukum.

PENGURUS :

Ketua : Ust. Zainullah Al-Faqih
Wakil : Ust. Suhaimi Qusyairi
Sekretaris : Ust. Sholihin
Bendahara : Ust. Syihabuddin

TIM AHLI :

Kordinator Soal : Ust. Qomaruddin
Deskripsi masalah : Ust. Taufik Hidayat
Moderator : Ust. Zainullah Al-Faqih
Perumus : Ust. Asep Jamaluddin, Ust. Anwar Sadad, Ust. Zainul Qudsiy
Muharrir : Ust. Mahmulul Huda,
Editor : Hosiyanto Ilyas
Terjemah Ibarot : Ust. Robit Subhan, Ust. Abd. Lathif

PENASEHAT :

Habib Abdullah bin Idrus bin Agil
Gus Abd. Qodir

LINK GROUP TANYA JAWAB HUKUM :
https://t.me/joinchat/ER-KDnY2TDI7UInw

_________________________



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

Hukum Anak Zina Lahir 6 Bulan Setelah Akad Nikah Apakah Bernasab Pada Yang Menikai Ibunya ?

Hukum Menjima' Istri Sebelum Mandi Besar ?