Hukum Berwudhu' Memakai Air AC



HASIL KAJIAN BM NUSANTARA 
(Tanya Jawab Hukum Online)


DESKRIPSI:

Budi (nama samaran) merupakan pemuda Desa yang Kaya nan Sholeh dan Rajin beribadah. Rumahnya merupakan yang terbesar di Desanya dan merupakan satu-satunya Rumah yang memiliki AC (Air Conditioning). Suatu ketika di Desa tersebut tertimpa kemarau panjang, sehingga menyebabkan sungai dan sebagian sumur masyarakat (termasuk punya Budi)  airnya mulai berkurang. Maka untuk menghemat air, si Budi ketika Wudlu' menggunakan Air AC yang disimpan / ditimbun dalam Ember..

Air Conditioner atau AC adalah alat yang digunakan untuk mengkondisikan udara dalam sebuah ruangan atau tempat sehingga udara runagan tersebut menjadi lebih nyaman. Pernakah anda perhatikan bahwa pada AC biasanya ada selang khusus untuk mengalir air dari AC (indoor) ?  Dari mana asal air ini ? Apakah air ini bersih ?

Berikut pembahasannya: Udara pada atmosfer bumi terdiri dari berbagai jenis gas, seperti nitrogen, oksigen, argon, termasuk juga uap air. Semakin tinggi kandungan uap air pada udara, maka semakin lembab udara tersebut. Udara sendiri memiliki kemamapuan terbaras dalam hal menampung uap air. Jika udara sudah tidak mampu menampung uap air, maka akan terbentuk embun atau kondensat. Udara yang bertemperatur lebih tinggi memiliki volume yang lebih besar sehingga dapat menampung udara lebih banyak. Pada saat udara didinginkan maka daya tampung uap airnya pun semakin kecil. Jika terus didinginkan maka udara tersebut akan menjadi jenuh, dimana udara tidak dapat lagi menampung air. Jika udara jenuh ini didinginkan lebih lanjut maka akan terbentuk embun / kondensat. Inilah yang terjadi pada AC.

Udara dalam ruangan juga mengandung uap air. Uap air ini bisa berasal dari luar atau dalam ruangan. Uap air dari luar dapat masuk melalui ventilasi udara atau infiltrasi dari celah-celah yang terdapat pada ruangan. Sedangkan uap air yang dari dalam ruangan dapat berasal dari evaporasi air yang ada dalam ruangan, keringat  nafas dari orang yang berada dalam ruangan. Uap air ini akan ditangkap oleh udara ruangan tersebut. Udara yang mengandung uap air ini dialiran ke evaporator (indoor AC) untuk didinginkan. Udara ini akan jenuh dan membentuk kondesat atau embun pada indoor AC. Inilah penjelasan mengapa terjadi air pada AC.

Apakah air ini bersih? Sebenarnya air yang terbentuk oleh AC ini mungkin bisa dikatakan air murni sehingga aman digunkan. Namun, air ini dapat menjadi kotor jika kondisi kebersihan AC tidak bersih. Dapat dibayangkan udara terus menerus mengalir melalui kisi-kisi evaporator (indoor AC). Udara yang dialirkan ini mengandung pula partikel-partikel debu yang dapat menumpuk pada AC jika jarang dibersihkan. Nah, oleh sebab debu2 ini lah maka sebaiknya air hasil kondesasi AC tidak diminum. (Oleh : Tri Ayodha Ajiwiguna)

PERTANYAAN:

Bolehkan berwudlu' menggunakan Air AC?

JAWABAN:

Berwudhu' dengan air AC hukumnya boleh karena air tersebut termasuk air muthlaq yakni air suci dan mensucikan.

REFERENSI:
   
فتح القريب، الصحفة ٣

ويجمع هذه السبعة قولك؛ ما نزل من السماء أو نبع من الأرض على أي صفة كانت من أصل الخلقة

Artinya: Tujuh jenis air tersebut terkumpul pada ucapanmu : "Air yang turun dari langit dan bersumber dari bumi, dengan berbagai macam sifat asalnya."


شرح الياقوت النفيس ، الصحفة ٦١

أما ما تفرزه مكيفات الهواء من الماء وما يستخرج من الأشجار في بعض البلاد، حيث قيل : إن نوعا من الشجر يقطر ماء بالليل فيحفرون تحته حفرا تصبح مملوءة لماء
فقد قال ابن قاضي في مختصر القضايا : إن هذا ليس ماء لأنه لم ينزل من السماء ولم ينبع من الأرض

Artinya: Adapun air yang di keluarkan oleh AC,  dan air yang keluar dari beberapa tumbuhan di sebagian negara. Ibnul Qodli berpendapat bahwa " bahwa cairan tersebut tidak bisa disebut sebagai air,  karena tidak turun dari langit dan tidak keluar dari bumi.


ولكن بعض العلماء يقولون إن الماء مكون من مادتين، وهي مادة الأوكسيجين ومادة الهيدروجين، وهما موجودتان في مطلق المياه، حتى في الماء الذي يفرزه المكيف فعلى هذا يقاس ما تساقط من الأشجار حيث يقال له ماء، فيما يظهر

Tetapi sebagian Ulama' mengatakan, bahwa Air terbentuk dari dua unsur. Yaitu unsur oksigen dan hidrogen, (sehingga membentuk H2O). Dan dua unsur tersebut ada pada kemutlakan air, sampai pada air AC pun (juga terdapat H2O). Maka atas dasar ini, diqiyaskan juga pada Air yang menetes dari pohon.

حاشية الباجوري، الجزء ١ الصحفة ٣٦

فظهر من هذا الفرق بين قولهم الماء المطلق وقولهم مطلق الماء فالاول هو ما جمع الاوصاف الثلاثة التي ذكرها المصنف ولا يصدق بباقي الاقسام والثاني يشمل الطاهر والنجس وغيرهما

Artinya: Dari sini maka jelaslah perbedaan antara istilah Ma'ul Muthlaq dan Mutlaqul Maa'. Istilah pertama adalah istilah air yang mencakup tiga sifat yang telah dijelaskan oleh Mushonnif, dan ini tentunya tidak meliputi dari bagian-bagian yang lain'. Adapun Istilah  kedua (Mutlaqul Maa'), yaitu sesuatu yang dikategorikan air, baik suci, najis, mutanajjis, musta'mal dan lain-lain.


شرقاوي، الجزء ١  الصحفة ٣٠

أو ما استخرج من طاهر كماء الورد، قوله أو استخرج أى اعتصر من شيئ طاهر كشجر و ورد و زهر و بطيخ و فجل و نحوها و يستثنى ما استخرج من طاهر انعقد من ماء كثلج أو برد أو جمد أو ملح ماء فإنه طهور لا طاهر فقط

Artinya: Atau air yang diperas dari sesuatu yang suci, seperti air mawar, air bunga, air semangka, air lobak dan lain-lain. Dan termasuk pengecualian, ialah air yang berasal dari air yang menggumpal seperti salju, embun, es batu, garam air. Maka air tersebut hukumnya tidak hanya suci, tapi juga mensucikan.



والله أعلم بالصواب

و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

 PENANYA :

Nama : Sayedi 
Alamat : Pegantenan Pamekasan Madura
_______________________________

MUSYAWWIRIN :

Member Group WA Tanya  Jawab Hukum. 

PENGURUS :

Ketua : Ust. Zainullah Al-Faqih
Wakil : Ust. Suhaimi Qusyairi
Sekretaris : Ust. Sholihin
Bendahara : Ust. Syihabuddin

TIM AHLI :

Kordinator Soal : Ust. Qomaruddin
Deskripsi masalah : Taufik Hidayat
Moderator : Ust. Zainullah Al-Faqih
Perumus : Ust. Asep Jamaluddin, Ust. Anwar Sadad, Ust. Zainul Qudsiy
Muharrir : Ust. Mahmulul Huda,
Editor : Hosiyanto Ilyas
Terjemah Ibarot : Ust. Robit Subhan, Ust. Abd. Lathif

PENASEHAT :

Habib Abdullah bin Idrus bin Agil
Gus Abd. Qodir

_________________________

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

Hukum Anak Zina Lahir 6 Bulan Setelah Akad Nikah Apakah Bernasab Pada Yang Menikai Ibunya ?

Hukum Menjima' Istri Sebelum Mandi Besar ?