Anjuran yang Dilakukan Pada Bulan Rajab Apa Saja ?


HASIL KAJIAN BM NUSANTARA 
(Tanya Jawab Hukum Online)

 السلام عليكم و رحمة الله وبركاته

DESKRIPSI:

Badrun (nama samaran) suatu ketika memberikan tausiyahnya saat setelah sholat Maghrib tanggal 1 Rajab. Dia mengatakan bahwasanya Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang dinantikan oleh sebagian orang, karena bulan tersebut merupakan salah satu bulan haram (yang dimuliakan oleh Allah SWT).

Sebagian orang meningkatkan amal ibadahnya pada Allah SWT dengan berbagai macam ibadah dan salah satunya ialah berpuasa di bulan tersebut. Dia mengatakan bahwa diterangkan dalam hadits, bahwasanya barang siapa yang berpuasa 3 hari di Bulan Rajab, maka dia akan mendapat pahala seperti beribadah 2 thn. Dan apabila dikerjakan berturut-turut mulai tanggal 1 sampai tanggal 3 Rajab, maka dia mendapat pahala seperti beribadah selama 700 thn. 

PERTANYAAN:

Apa yang sebenarnya yang dianjurkan untuk kita lakukan pada Bulan Rajab ?

JAWABAN:

Pada Bulan Rajab yang mulia ini, kita dianjurkan diantaranya ialah berpuasa, meminta ampun dan bertobat dari perbuatan dosa dan memperbanyak membaca doa "Allahumma baarik lanaa fii Rojaba dst.

REFERENSI:

الحبيب زين بن ابراهيم بن سميط، الفوائد المختارة، الصحفة ٤٤٥

اعلم أن رجبا شهرٌ فَضيل، والعبادة فيه لها أجرٌ جَليل، خصوصا الصوم فيه والاستغفار والتوبة من الأوزار [ وفي صفحة ٤٩: ولا تغفل عن سيد الاستغفار الوارد عن النبي صلى الله عليه وسلم وهو « اللهم أنت ربي لا إله إلا أنت خلقتني وأنا عبدك وأنا على عهدك ووعدك ما استطعت، أعوذ بك من شر ما صنعت، وأبوء لك بنعمتك علي وأبوء بذنبِي فَاغْفِرْ لي، فإنه لا يغفر الذنوبَ إلا أنت » ، (١) يُقرأ ثلاثا صباحا وكذلك مساء] . اهـ « كنز النجاح : ٤٤ »٠

Artinya : Ketahuilah sesungguhnya bukan Rajab adalah bulan keutamaan, dan beribadah di dalamnya akan mendapat pahala yang agung lebih khususnya berpuasa di Bulan tersebut, beristighfar dan bertaubat juga akan mendapatkan berbagai macam pahala. Di halaman 49 jangan engkau lupakan dari sayyidul istighfar yang diriwayatkan dari Baginda nabi shalallahu alaihi wasallam yaitu :

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ 

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Dan aku atas tanggungan dan janji-Mu selama aku masih mampu. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat. Aku mengakui nikmat yang Kau berikan kepadaku. Aku mengakui dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau." Dibaca tiga kali pagi begitupula sore hari. Kanzun Najah hal 44  


الأذكار للنووي ت الأرنؤوط، الصفحة ١٨٩

وروينا في " حلية الأولياء " بإسناد فيه ضعفٌ، عن زياد النميري، عن أنس رضي الله عنه، قال: كان رسول الله صلى الله عليه وسلم إذا دخل رجب قال: " اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا في رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنا رَمَضَانَ "٠

Dan diriwayatkan kepada kamu dalam kitab hilyatul auliya' dengan sanad yang dhoif dari ziyad an-numairi dari Anas R.a beliau berkata : bahwasanya Rasulullah shalallahu alaihi wasallam ketika masuk bulan Rajab beliau akan berdo'a : 
Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikan kami ke bulan Ramadhan .



والله أعلم بالصواب

 و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

 PENANYA

Nama : Taufik Hidayat 
Alamat : Pegantenan Pamekasan Madura
____________________________________

MUSYAWWIRIN :

Member Group WhatsApp Tanya Jawab Hukum

PENASEHAT :

Habib Ahmad Zaki Al-Hamid (Kota Sumenep Madura)
Habib Abdullah bin Idrus bin Agil (Tumpang Malang Jawa Timur)
Gus Abdul Qodir (Balung Jember Jawa Timur)

PENGURUS :

Ketua : Ust. Suhaimi Qusyairi (Ketapang Sampang Madura)
Wakil : Ust. Zainullah Al-Faqih (Umbul Sari Jember Jawa Timur)
Sekretaris : Ust. Moh. Kholil Abdul Karim (Karas Magetan Jawa Timur)
Bendahara : Ust. Syihabuddin (Balung Jember Jawa Timur)

TIM AHLI :

Kordinator Soal : Ust. Qomaruddin (Umbul Sari Jember Jawa Timur)
Deskripsi masalah : Ust. Taufik Hidayat (Pegantenan Pamekasan Madura)
Moderator : Ust. Hosiyanto Ilyas (Jrengik Sampang Madura)
Perumus + Muharrir : Kyai Mahmulul Huda (Bangsal Sari Jember Jawa Timur)
Editor : Ust. Taufik Hidayat (Pegantenan Pamekasan Madura)
Terjemah Ibarot : Kyai Muntahal 'Ala Hasbullah (Giligenting Sumenep Madura)

LINK GROUP TANYA JAWAB HUKUM :
https://chat.whatsapp.com/ELcAfCdmm5AFXhPJdEPWT3 
____________________________________________

Keterangan :

1) Pengurus, adalah orang yang bertanggung jawab atas grup ini secara umum

2) Tim Ahli, adalah orang yang bertugas atas berjalannya grup ini

3) Bagi para anggota grup yang memiliki pertanyaan diharuskan untuk menyetorkan soal kepada kordinator soal dengan via japri. Ya'ni tidak diperkenankan nge-share soal di grup secara langsung.

4) Setiap anggota grup boleh usul atau menjawab walaupun tidak bereferensi, namun tetap keputusan berdasarkan jawaban yang bereferensi.

5) Di larang memposting iklan / video / kalam2 hikmah / gambar yg tidak berkaitan dngan pertanyaan.. sebab, akan mengganggu akan berjalannya tanya jawab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

Hukum Anak Zina Lahir 6 Bulan Setelah Akad Nikah Apakah Bernasab Pada Yang Menikai Ibunya ?

Hukum Menjima' Istri Sebelum Mandi Besar ?