Apakah Anjing Dan Babi Bertasbih Dan Memohonkan Doa (Ampunan) Bagi Umat Islam Yang Teraniaya ?

HASIL KAJIAN BM NUSANTARA 
(Tanya Jawab Hukum Online)

 السلام عليكم و رحمة الله وبركاته

DESKRIPSI:

Di beranda YouTube si Badrun, marak sekali aksi bela Palestina. Dalam sebuah video ada narasi dari seorang pendakwah yang berbunyi, "Jika ada ustadz, kyai, gus, dan habaib yang mengaku umat Nabi namun diam saja (tidak peduli) atau biasa-biasa saja, saat umat islam di Palestina dibantai, maka tidak pantas disebut umat Nabi Muhammad, tapi pantasnya disebut anjing dan babi, karena anjing dan babi saja bertasbih dan memohonkan doa (ampuanan) bagi untuk umat islam yang teraniaya."

PERTANYAAN:

Apakah benar anjing dan babi bertasbih dan memohonkan doa (ampuanan) bagi umat islam yang teraniaya, seperti pernyataan dalam deskripsi di atas ?

JAWABAN:

Benar!, semua makhluk Allah bertasbih, kecuali Khimar (keledai), Anjing dan Burung Gagak Belang (hitam-putih) menurut sebagian Ulama'. 

Adapun Anjing dan Babi mendoakan bagi muslim yang teraniaya, merupakan pernyataan yang tidak ditemukan landasannya. 

REFERENSI:

{سورة الإسراء : ٤٤}

تُسَبِّحُ لَهُ ٱلسَّمَٰوَٰتُ ٱلسَّبۡعُ وَٱلۡأَرۡضُ وَمَن فِيهِنَّۚ وَإِن مِّن شَيۡءٍ إِلَّا يُسَبِّحُ بِحَمۡدِهِۦ وَلَٰكِن لَّا تَفۡقَهُونَ تَسۡبِيحَهُمۡۚ إِنَّهُۥ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا

Artinya : Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah swt. Dan tidak ada suatupun benda melainkan bertasbih disertai dengan memujinya, tapi kalian semua tidak ada yang mengerti/mengetahui tasbih mereka. Sesungguhnya Allah Maha Penyantun dan Maha Pengampun. 


الرازي، فخر الدين، تفسير الرازي = مفاتيح الغيب أو التفسير الكبير، الجزء ٢٩ الصحفة ٤٤٢


فأجزاء السموات وَذَرَّاتُ الْأَرْضِ وَالْجِبَالُ وَالرِّمَالُ وَالْبِحَارُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ وَالْجَنَّةُ وَالنَّارُ وَالْعَرْشُ وَالْكُرْسِيُّ وَاللَّوْحُ وَالْقَلَمُ وَالنُّورُ وَالظُّلْمَةُ وَالذَّوَاتُ وَالصِّفَاتُ وَالْأَجْسَامُ وَالْأَعْرَاضُ كُلُّهَا مُسَبِّحَةٌ خَاشِعَةٌ خَاضِعَةٌ لِجَلَالِ اللَّه

Artinya : Maka bagian-bagian langit dan partikel (atom-atom) bumi, gunung-gunung, pasir-pasir, lautan-lautan, pepohonan, hewan-hewan melata, surga, neraka, Arys, Kursi, Lauhul Mahfud, Qolam, Cahaya, Kegelapan, semua dzat dan sifat, semua jisim, dan tabiat itu semua bertasbih dengan khusu' dan tunduk pada keagungan Allah swt.


تفسير الألوسي = روح المعاني، الجزء ٨ الصحفة ٨٢

وأخرج عبد الرزاق وابن جرير وابن المنذر وغيرهم عن قتادة أنه قال في الآية: كل شيء فيه الروح يسبح من شجرة وحيوان، وكون الشجرة ذات روح مبني على قول الناس فيها إذا يبست ماتت، واستثنى بعضهم بعض الحيوانات من عموم كل شيء لما أخرجه أبو الشيخ عن ابن عباس أنه قال كل شيء يسبح إلا الحمار والكلب

Artinya: Abdur Rozak, Ibnu Jarir, Ibnu Mundzir dan lainnya telah meriwayatkan dlm kitabnya dari Qotadah, beliau telah mentafsiri ayat diatas : bahwa segala sesuatu yang memiliki ruh, mk pasti bertasbih, baik itu berupa pepohonan maupun hewan. Adapun pohon dikatakan memiliki ruh, karena disasarkan pada perkataan manusia bahwa apabila kayu tersebut kering maka mati. Sebagian ulama mengecualikan sebagian hewan dari umumnya perkataan "segala sesuatu", berdasarkan hadits yang diriwayatkan Abu Al-Syaikh dari Ibnu Abbas sesungguhnya beliau berkata bahwa: setiap sesuatu itu bertasbih, kecuali keledai dan anjing.


حاسيتا قليوبى  وعميرة، الجزء ١ الصحفة ٢٤٦


وَإِنْ مِنْ شَيْءٍ إِلا يُسَبِّحُ بِحَمْدِهِ} [الإسراء: ٤٤] وَاسْتَثْنَى بَعْضُهُمْ الْحِمَارَ وَالْكَلْبَ وَالْغُرَابَ الْأَبْقَعَ


Artinya : Dan tidak ada sesuatu pun kecuali bertasbih dengan disertai memuji-Nya [al-isro' : 44] Sebagian Ulama' mengecualikan keledai, anjing dan burung gagak belang (hitam-putih).



الدر المنثور في التفسير بالمأثور، الجزء ٥ الصحفة ٢٩١


وَأخرج أَبُو الشَّيْخ عَن ابْن عَبَّاس رضي الله عنه قَالَ : كل شَيْء يسبح بِحَمْدِهِ إِلَّا الْحمار وَالْكَلب


Artinya : Dan Abu Syekh meriwayatkan dalam kitabnya dari Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma beliau berkata : Segala sesuatu bertasbih dengan memuji-Nya kecuali keledai dan anjing. 



إحياء علوم الدين، الجزء ١ الصحفة ١١

وقال ابن عباس رضي الله عنهما معلم الناس الخير يستغفر له كل شيء حتى الحوت في البحر

Artinya: Ibnu Abbas Radhiallahuma berkata : Seserang yang mengajarkan kebaikan kepada manusia, maka segala sesuatu akan memintakan ampunan baginya, sampai ikan yang ada di dalam lautan.


والله أعلم بالصواب

 و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

PENANYA:

Nama: Faisol Umar Rozi
Alamat: Proppo Pamekasan Madura
__________________________________

MUSYAWWIRIN :

Member Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

PENASEHAT :

Habib Ahmad Zaki Al-Hamid (Kota Sumenep Madura)
Habib Abdullah bin Idrus bin Agil (Tumpang Malang Jawa Timur)
Gus Abdul Qodir (Balung Jember Jawa Timur)

PENGURUS :

Ketua : Ust. Suhaimi Qusyairi (Ketapang Sampang Madura)
Wakil : Ust. Zainullah Al-Faqih (Umbul Sari Jember Jawa Timur)
Sekretaris : Ust. Moh. Kholil Abdul Karim (Karas Magetan Jawa Timur)
Bendahara : Ust. Syihabuddin (Balung Jember Jawa Timur)

TIM AHLI :

Kordinator Soal : Ust. Qomaruddin (Umbul Sari Jember Jawa Timur), Ust. Faisol Umar Rozi (Proppo Pamekasan Madura) 
Deskripsi masalah : Ust. Taufik Hidayat (Pegantenan Pamekasan Madura)
Moderator : Ust. Hosiyanto Ilyas (Jrengik Sampang Madura)
Perumus : Ust. Arif Mustaqim (Sumbergempol Tulungagung Jawa Timur), KH. Abdurrohim (Maospati Magetan Jawa Timur)
Muharrir : Kyai Mahmulul Huda (Bangsal Sari Jember Jawa Timur)
Editor : Ust. Taufik Hidayat (Pegantenan Pamekasan Madura), Nurul Jannah (Tegalrejo Megelang Jawa Tengah) 
Terjemah Ibarot : Ust. Ibrahim Al-Farisi (Tambelangan Sampang Madura), Ustadzah Ummi Dinda Zulaeha (Cikijing Majalengka Jawa Barat) 

________________________________________

KETERANGAN:

1) Pengurus, adalah orang yang bertanggung jawab atas grup ini secara umum

2) Tim Ahli, adalah orang yang bertugas atas berjalannya grup ini

3) Bagi para anggota grup yang memiliki pertanyaan diharuskan untuk menyetorkan soal kepada kordinator soal dengan via japri. Ya'ni tidak diperkenankan nge-share soal di grup secara langsung.

4) Setiap anggota grup boleh usul atau menjawab walaupun tidak bereferensi, namun tetap keputusan berdasarkan jawaban yang berreferensi.

5) Dilarang memposting iklan / video / kalam-kalam hikmah / gambar yang tidak berkaitan dengan pertanyaan. Sebab, akan mengganggu akan berjalannya tanya jawab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

Hukum Anak Zina Lahir 6 Bulan Setelah Akad Nikah Apakah Bernasab Pada Yang Menikai Ibunya ?

Hukum Menjima' Istri Sebelum Mandi Besar ?