Keabsahan Rujuknya Suami Istri Yang Sudah Talak Tiga Secara Syar'i, Tapi Baru Dianggap Sebagai Talak Satu Di Pengadilan Agama ?

HASIL KAJIAN BM NUSANTARA 
(Tanya Jawab Hukum Online)

 السلام عليكم و رحمة الله وبركاته

DESKRIPSI:

Qomar dan Qomariyah adalah sepasang suami istri. Suatu hari, karena suatu alasan, Qomar menjatuhkan talak satu kepada Qomariyah. Beberapa hari setelahnya mereka rujuk. Beberapa tahun kemudian mereka mendapatkan masalah hingga Qomar menjatuhkan talak kedua kepada Qomariyah. Setelah mereka sadar dan saling memaafkan, mereka rujuk kembali. Tak lama setelah itu, terjadi pertengkaran antara Qomar dan Qomariyah hingga Qomar menjatuhkan talak ketiga kepada Qomariyah. Qomar menyesal dan ingin rujuk kembali.

Qomar dan Qomariyah meminta nasihat dari seorang 'alim setempat. Orang 'alim tersebut mengatakan bahwa mereka sudah tidak bisa rujuk kembali karena sudah talak tiga. Akhirnya, Qomar mengajukan permohonan gugatan cerai ke Pengadilan Agama dan menceritakan semuanya. Namun, permohonan Qomar ditolak oleh pihak Pengadilan Agama dengan alasan talak yang dijatuhkan oleh Qomar atas Qomariyah di luar Pengadilan Agama tidak sah secara hukum negara dan permohonan gugatan cerainya dihitung sebagai talak satu.

PERTANYAAN:

Bagaimana keabsahan rujuknya suami istri yang sudah talak tiga secara syar'i, tapi baru dianggap sebagai talak satu di Pengadilan Agama?

JAWABAN:

Tidak sah rujuknya, sehingga nikah dengan laki-laki lain dan menjima'nya kemudian menceraikan serta selesai masa iddahnya. 

Adapun talak tiga yang telah dilakukan seperti deskripsi di atas, tetapi dianggap sebagai talak satu di Pengadilan Agama, maka hal ini merupakan sebuah kebatilan yang menyalahi hukum syariat. 

REFERENSI:

فتح القريب المجيب، الجزء ١ الصحفة ٢٤٦

ﻓﺈﻥ ﻃﻠﻘﻬﺎ ﺯﻭﺟﻬﺎ (ﺛﻼﺛﺎ) ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﺣﺮا، ﺃﻭ ﻃﻠﻘﺘﻴﻦ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻋﺒﺪا ﻗﺒﻞ اﻟﺪﺧﻮﻝ ﺃﻭ ﺑﻌﺪﻩ (ﻟﻢ ﺗﺤﻞ ﻟﻪ ﺇﻻ ﺑﻌﺪ ﻭﺟﻮﺩ ﺧﻤﺲ ﺷﺮاﺋﻂ) ﺃﺣﺪﻫﺎ (اﻧﻘﻀﺎء ﻋﺪﺗﻬﺎ ﻣﻨﻪ) ﺃﻱ اﻟﻤﻄﻠﻖ (ﻭ) اﻟﺜﺎﻧﻲ (ﺗﺰﻭﻳﺠﻬﺎ ﺑﻐﻴﺮﻩ) ﺗﺰﻭﻳﺠﺎ ﺻﺤﻴﺤﺎ. (ﻭ) اﻟﺜﺎﻟﺚ (ﺩﺧﻮﻟﻪ) ﺃﻱ اﻟﻐﻴﺮ (ﺑﻬﺎ، ﻭﺇﺻﺎﺑﺘﻬﺎ) ﺑﺄﻥ ﻳﻮﻟﺞ ﺣﺸﻔﺘﻪ ﺃﻭ ﻗﺪﺭﻫﺎ ﻣﻦ ﻣﻘﻄﻮﻋﻬﺎ ﺑﻘﺒﻞ اﻟﻤﺮﺃﺓ، ﻻ ﺑﺪﺑﺮﻫﺎ ﺑﺸﺮﻁ اﻻﻧﺘﺸﺎﺭ ﻓﻲ اﻟﺬﻛﺮ، ﻭﻛﻮﻥ اﻟﻤﻮﻟﺞ ﻣﻤﻦ ﻳﻤﻜﻦ ﺟﻤﺎﻋﻪ، ﻻ ﻃﻔﻼ. (ﻭ) اﻟﺮاﺑﻊ (ﺑﻴﻨﻮﻧﺘﻬﺎ ﻣﻨﻪ) ﺃﻱ اﻟﻐﻴﺮ. (ﻭ) اﻟﺨﺎﻣﺲ (اﻧﻘﻀﺎء ﻋﺪﺗﻬﺎ ﻣﻨﻪ)

Artinya : Jika istri di talak 3 oleh suami yang berstatus merdeka, atau ditalak 2 oleh suami yang berstatus budak, baik sebelum jimak maupun sesudahnya, maka istri tersebut tidak halal untuk dinikahi suami kecuali memenuhi 5 syarat : Pertama, habis masa iddahnya dari suami yang pertama. Kedua, menikah dengan suami yang lain dengan nikah yang sah. Ketiga, suaminya tersebut menjima'nya yaitu dengan memasukkan dzakarnya kefarjinya, bukan pada duburnya, dengan syarat dzakarnya dalam keadaan Ereksi (tegang), dan suaminya merupakan orang yang mampu melakukan jima' bukan anak kecil. Keempat, wanita tersebut ditalak bain oleh suaminya (yang kedua). (Boleh jadi ditalaq 3 atau khulu', atau habis masa iddah pada talaq raj'ie). Kelima, habis masa iddah dari suami yang kedua.


شرح النووي على مسلم، الجزء ١٠ الصحفة ٣

فَأَمَّا مُجَرَّدُ عَقْدِهِ عَلَيْهَا فَلَا يُبِيحُهَا لِلْأَوَّلِ وَبِهِ قَالَ جَمِيعُ الْعُلَمَاءِ مِنَ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِينَ فَمَنْ بَعْدَهُمْ. إلى أن قال - وَاتَّفَقَ الْعُلَمَاءُ عَلَى أَنَّ تَغْيِيبَ الْحَشَفَةِ فِي قُبُلِهَا كَافٍ فِي ذَلِكَ مِنْ غَيْرِ إِنْزَالِ الْمَنِيِّ وَشَذَّ الْحَسَنُ الْبَصْرِيُّ فَشَرَطَ إِنْزَالَ الْمَنِيِّ وَجَعَلَهُ حَقِيقَةَ الْعُسَيْلَةِ قَالَ الْجُمْهُورُ بِدُخُولِ الذَّكَرِ تَحْصُلُ اللَّذَّةُ وَالْعُسَيْلَةُ

Artinya : Adapun jika hanya melakukan akad nikah saja dengan istri maka hal itu tidak menjadikan kebolehan bagi suami pertama untuk menikahinya hal ini merupakan pendapat seluruh Ulama' daripada Shahabat, Tabi'in dan orang-orang setelah mereka. sampai pada ucapan. Dan ulama sepakat bahwa memasukkan hasyafah kedalam farji istri tersebut meskipun tidak keluar mani itu sudah mencukupi, dan pendapat Al Hasan Basri yang mensyaratkan keluar mani adalah pendapat yang syadz. Menurut jumhur Ulama' dengan memasukkan dzakar itu sudah menghasilkan kelezatan.


شرح ابن ماجه للسيوطي، الجزء ١ الصحفة ١٣٩

 لَا حَتَّى تَذُوقِي عُسَيْلَته الخ هُوَ تَصْغِير عسلة وَهِي كِنَايَة عَن الْجِمَاع شبه لذته بلذة الْعَسَل وحلاوته وَفِي هَذَا الحَدِيث ان الْمُطلقَة ثَلَاثًا لَا تحل لمطلقها حَتَّى تنْكح زوجا ويطأها ثمَّ يفارقها وتنقضي عدتهَا

Artinya : Hadits " Tidak bisa (kembali ke Rifa'ah al Qurodli) sampai kamu menikmati madunya الخ. kata : "usailah" adalah bentuk tasgir dari kata "aslah" yaitu kata kiasan dari jima'. Ulama' menyerupkan kelezatan jima' dengan kelezatan madu dan manisnya madu. Dan dalam hadits menjelsakan bahwa sesungguhnya orang perempuan talaq tiga tidak halal bagi suami yang mentalaqnya sehingga nikah dengan laki laki lain dan menjima'nya kemudian menceraikan serta selesai masa iddahnya. 


التشريع الجنائي في الإسلام، الجزء ١ الصحفة ٢٤  

وما جاء مخالفاً لنصوص الشريعة أو مبادئها العامة أو روحها التشريعية فهو باطل بطلاناً أصلياً، ولا يترتب عليه أي أثر، ومن ثم فكل قانون أو لائحة أو أمر جاء على خلاف الشريعة فهو باطل بطلاناً مطلقاً، وكل عبادة جاءت على خلاف الشريعة فهي عبادة باطلة، وكل تصرف أو عقد جاء على خلاف الشريعة فهو باطل بطلاناً مطلقاً. فالعمل إما أن يكون موافقاً للشريعة فهو صحيح، وإما أن يكون مخالفاً لها فهو باطل، وهذا هو رأي جمهور الفقهاء٠

Artinya : Apa saja yang bertentangan dengan nash syariah (lafadz-lafadz yang tegas di dalam quran dan hadits Nabi yang tidak ada kemungkin sama sekali mengarah ke makna lain), ataupun tujuan umum aturan syariah islam, ataupun hikmah-hikmah dalam syariah, maka hal itu merupakan perkara yang sesat (melenceng dari jalan yang benar) yang benar-benar sesat dasar hukumnya, sehingga tidak berpengaruh terhadap konsekuensi hukum sama sekali. Berdasarkan hal ini maka segala peraturan perundang-undangan, rekomendasi maupun peraturan yang bertentangan dengan syariah, maka itu adalah merupakan peraturan undang-undang yang sesat secara mutlak. Begitu juga ibadah yang dilakukan bertentangan dengan syariah, maka itu ibadah juga batal dan tidak sah. Begitu pula setiap pengelolaan harta, maupun pelaksanaan akad yang bertentangan dengan syariah, itu juga merupakan hal yang batal dalam pandangan syariat secara mutlak. Jadi kesimpulannya pada dasarnya amal itu : Sesuai dengan aturan syariah, maka hukumnya sah Bertentangan dengan aturan syariah, maka hukumnya batal. Dan ini merupakan pendapat yang dianut mayoritas ulama ahli fiqh.


كتاب غاية تلخيص المراد، الصحفة ١١٢

مسألة : يجب على الحاكم الوقوف على أحكام الشريعة التي أقيم لها ولا يتعداه إلى أحكام السياسة، بل يجب عليه قصر من تعدى ذلك وزجره وتعزيره وتعريفه أن الحق كذا

Artinya : Wajib bagi seorang hakim untuk tunduk patuh kepada hukum-hukum syariah yang dia diangkat untuk menegakkan hukum tersebut dan tidak boleh baginya meninggalkan hukum syariah dengan berpindah kepada hukum pemerintahan berlandaskan tujuan politik. Tapi sebaliknyanya hakim wajib memangkas pelanggaran tersebut, dan memberikan pencegahan serta sanksi, dan memberitahukan kepadanya bahwasanya yang benar adalah tetap berpegang dengan hukum syariah.


والله أعلم بالصواب

 و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

PENANYA

Nama : Ibnu Muchson
Alamat : Sugihan Cilacap Jawa Tengah
__________________________________

MUSYAWWIRIN :

Member Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

PENASEHAT :

Habib Ahmad Zaki Al-Hamid (Kota Sumenep Madura)
Habib Abdullah bin Idrus bin Agil (Tumpang Malang Jawa Timur)
Gus Abdul Qodir (Balung Jember Jawa Timur)

PENGURUS :

Ketua : Ust. Suhaimi Qusyairi (Ketapang Sampang Madura)
Wakil : Ust. Zainullah Al-Faqih (Umbul Sari Jember Jawa Timur)
Sekretaris : Ust. Moh. Kholil Abdul Karim (Karas Magetan Jawa Timur)
Bendahara : Ust. Syihabuddin (Balung Jember Jawa Timur)

TIM AHLI :

Kordinator Soal : Ust. Qomaruddin (Umbul Sari Jember Jawa Timur), Ust. Faisol Umar Rozi (Proppo Pamekasan Madura) 
Deskripsi masalah : Ust. Taufik Hidayat (Pegantenan Pamekasan Madura)
Moderator : Ust. Hosiyanto Ilyas (Jrengik Sampang Madura)
Perumus : Ust. Arif Mustaqim (Sumbergempol Tulungagung Jawa Timur), KH. Abdurrohim (Maospati Magetan Jawa Timur)
Muharrir : Kyai Mahmulul Huda (Bangsal Sari Jember Jawa Timur)
Editor : Ust. Taufik Hidayat (Pegantenan Pamekasan Madura)
Terjemah Ibarot : Gus Robbit Subhan (Balung Jember Jawa Timur), Ust. Ibrahim Al-Farisi (Tambelangan Sampang Madura)

________________________________________

Keterangan :

1) Pengurus, adalah orang yang bertanggung jawab atas grup ini secara umum

2) Tim Ahli, adalah orang yang bertugas atas berjalannya grup ini

3) Bagi para anggota grup yang memiliki pertanyaan diharuskan untuk menyetorkan soal kepada kordinator soal dengan via japri. Ya'ni tidak diperkenankan nge-share soal di grup secara langsung.

4) Setiap anggota grup boleh usul atau menjawab walaupun tidak bereferensi, namun tetap keputusan berdasarkan jawaban yang berreferensi.

5) Dilarang memposting iklan / video / kalam-kalam hikmah / gambar yang tidak berkaitan dengan pertanyaan. Sebab, akan mengganggu akan berjalannya tanya jawab.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

Hukum Anak Zina Lahir 6 Bulan Setelah Akad Nikah Apakah Bernasab Pada Yang Menikai Ibunya ?

Hukum Menjima' Istri Sebelum Mandi Besar ?