Hukum Sholat Tahajjud Saat Terdengar Tarhim


HASIL KAJIAN BM NUSANTARA 
(Tanya Jawab Hukum Online)


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

DESKRIPSI:

Junaidi (nama samaran) adalah seorang Muslim yang taat dan juga Ahli Ibadah, beliau hampir tiap malam melaksanakan Sholat Tahajjud. Suatu ketika si Junaidi yang biasa Istiqomah bangun jam 02:00 WIB, entah kenapa dia terbangun hampir memasuki waktu Shubuh, tanpa berfikir panjang beliau langsung wudlu' lalu sholat Tahajjud. Saat membaca Al-Fatihah pada raka'at pertama, tiba-tiba terdengar suara Sholawat Tarhim, "Assalamu Wassalamu Alaika" dari Masjid di dekat rumahnya. Biasanya Sholat Tarhim tersebut, pertanda akan masuk Waktu Shubuh ( ± 5 menit) sebelum masuk Waktu Shubuh.

PERTANYAAN:

Apakah boleh saat sudah terdengar Sholawat Tarhim untuk melakukan sholat Tahajjud?


JAWABAN:

Hukum sholat tahajjud pada saat bacaan tarkhim dikumandangkan boleh. Adapun statusnya sebagai sholat ada' bila masih belum masuk waktu shubuh dan sebagai sholat qodlo' bila ternyata sudah masuk waktu shubuh.

REFERENSI:

إعانة الطالبين، الجزء  ١ الصحفة ١٤٠

ولو أدرك في الوقت ركعة لا دونها فالكل أداء وإلا فقضاء٠ قوله: ولو أدرك في الوقت ركعة أي كاملة، بأن فرغ من السجدة الثانية قبل خروج الوقت٠

Artinya: Apabila seseorang disisa waktu Sholat Dia mampu melaksanakan satu roka'at  penuh, maka seluruh Sholat tersebut termasuk Sholat Ada'. Contohnya Dia sudah menyelesaikan sujud yang kedua sebelum habis waktu Sholat. Namun apabila kurang dari satu roka'at waktu sudah habis berarti termasuk qodlo'.

______________________________

CATATAN:

Adapun Pengumandangan tarkhim tidak bisa dijadikan ukuran pasti untuk awal waktu atau akhir waktu dari sholat yang ada karena ketidak pastian keakuratan waktu pemutaran. Bahkan adzanpun tidak bisa dijadikan standar masuk waktu sholat karena bisa jadi adzan dikumandang di dalam waktu sholat namun "bukan pas tepat" masuk waktu sholat. 

Berdasar hal ini, maka jika tarhim dikumandangkan sebelum waktu sholat  dan habisnya persis dg awal waktu sholat subuh (terbit fajar) Maka orang tersebut masih bisa melakukan tahajjud saat tarhim.

Maka lebih mudah kita gunakan jadwal waktu solat daerah masing-masing yang telah ditetapkan oleh DEPAG atau lembaga pesantren yang betul-betul mumpuni dalam hal tersebut agar lebih akurat.

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Keterangan :

(1). Sholat sunnah dzatil wakti bila ditinggalkan sunnah untuk diqodloi, apalagi bila sudah istiqomah melakukannya.

(2). Batasan waktu sholat yang ada dikitab fiqh itu batasan waktu sholat ada'. Adapun sholat qodlo' tidak dibatasi waktunya.

بغية المسترشدين، الصحفة ٦٢

مسئلة يندب قضاء النفل المؤقت كالعيد والوتر والرواتب مطلقا بل لو اعتاد شيئا من النفل المطلق فتركه في وقته المعتاد ولو لعذر سن له قضاءه لئلا تميل الدعة والرفاهية ولا يجوز قضاء ذي السبب كالكسوف والتحية

Artinya: Disunahkan mengqodho' sholat sunnah yang mempunyai waktu seperti sholat aied, witr, rowatib secara mutlak, bahkan jika (seseorang) terbiasa melakukan sebagian dari sholat mutlak jika ditinggalkan pada waktu yangsudah biasa dilaksanakan meskipun meninggalkannya sebab udzur sunnah baginya mengqodho' supaya dirinya tidak condong pada hal yang bersifat enak-enakan atau bermewahan dalam kesenangan hidup, tidak boleh mengqodho' sholat yang mempunyai sebab seperti sholat gerhana dan tahiyatul Masjid.


ﻧﻬﺎﻳﺔ ﺍﻟﺰﻳﻦ، الصحفة ١١٤-١١٥

ﻭﻣﻦ ﺍﻟﻨﻔﻞ ﺍﻟﻤﻄﻠﻖ ﻗﻴﺎﻡ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﻭﺇﺫﺍ ﻛﺎﻥ ﺑﻌﺪ ﻧﻮﻡ ﻭﻟﻮ ﻓﻲ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﻤﻐﺮﺏ ﻭﺑﻌﺪ ﻓﻌﻞ ﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﺗﻘﺪﻳﻤﺎ ﻳﺴﻤﻰ ﺗﻬﺠﺪﺍ٠ ﻭﻟﻘﻮﻟﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﺣﺐ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺇﻟﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻼﺓ ﺩﺍﻭﺩ ﻛﺎﻥ ﻳﻨﺎﻡ ﻧﺼﻒ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﺍﻷﻭﻝ ﻭﻳﻘﻮﻡ ﺛﻠﺜﻪ ﻭﻳﻨﺎﻡ ﺳﺪﺳﻪ ﻭﻳﺤﺼﻞ ﻗﻴﺎﻡ ﺍﻟﻠﻴﻞ ﺑﺎﻟﻨﻔﻞ ﻭﻟﻮ ﻣﺆﻗﺘﺎ ﻭﻟﻮ ﺳﻨﺔ ﺍﻟﻌﺸﺎﺀ ﺃﻭ ﺍﻟﻮﺗﺮ ﻭﺑﺎﻟﻔﺮﺽ ﻭﻟﻮ ﻗﻀﺎﺀ ﺃﻭ ﻧﺬﺭﺍ


Artinya: Termasuk solat sunnah mutlak adalah Sholat qiyamul lail (sholat sunnah dimalam hari). Apabila sholat tersebut dilakukan setelah tidur meskipun tidur setelah Maghrib, dan meskipun  setelah melakukan sholat Isya' yang dijama' taqdim dengan Maghrib. Maka solat tersebut dinamakan Tahajjud. Nabi SAW bersabda : "Sholat yang paling dicintai Allah adalah sholatnya Nabi Dawud As, beliau tidur di pertengahan malam yang awal, lalu sholat di sepertiga malam, lalu tidur di seperenam malam." Sudah termasuk katagori Qiyamul Lail orang yang melakukan solat sunnah baik berupa sholat sunnah rowatib, atau sholat sunnah ba'da isya', atau witir, maupun sholat fardlu meskipun berupa sholat Qodlo' atau sholat Nadzar.



  والله اعلم بالصواب

 و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

PENANYA

Nama : Imam Muslim
Alamat : Sumber Sari Jember Jawa Timur

_______________________________

MUSYAWWIRIN :

Member Group WA Tanya  Jawab Hukum.

PENGURUS :

Ketua : Ust. Zainullah Al-Faqih
Wakil : Ust. Suhaimi Qusyairi
Sekretaris : Ust. Sholihin
Bendahara : Ust. Syihabuddin

TIM AHLI :

Kordinator Soal : Ust. Qomaruddin
Deskripsi masalah : Taufik Hidayat
Moderator : Ust. Zainullah Al-Faqih
Perumus : Ust. Zainul Qudsiy, Ust. Robit Subhan
Muharrir : Ust. Mahmulul Huda, Ust. Anwar Sadad
Editor : Hosiyanto Ilyas
Terjemah Ibarot : Ust. Abd. Lathif, Ust. Robit Subhan

PENASEHAT : Gus Abd. Qodir

LINK GROUP TANYA JAWAB HUKUM :
https://t.me/joinchat/ER-KDnY2TDI7UInw 
___________________________ 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

Hukum Anak Zina Lahir 6 Bulan Setelah Akad Nikah Apakah Bernasab Pada Yang Menikai Ibunya ?

Hukum Menjima' Istri Sebelum Mandi Besar ?