Sebatas Mana Kriteria Fakir Miskin Sehingga Tidak Wajib Mengeluarkan Zakat Fitrah ?

 
HASIL KAJIAN BM NUSANTARA 
(Tanya Jawab Hukum Online)

 السلام عليكم و رحمة الله وبركاته

DESKRIPSI:

Dalam memberikan zakat fitrah tidak jarang sekali di masyarakat mengutamakan yang ada hubungan famili kekeluargaan yang terlihat kurang mampu sebagai penerima zakatnya meskipun mereka tidak seakidah (non muslim), ada yang memberikan zakat fitrahnya kepada paman, bibi, saudara, mertua, bahkan kepada kakek atau neneknya dan orang tuanya sendiri, padahal ada penjelasan tidak boleh diberikan kepada orang yang menjadi tanggungan nafaqoh bagi dirinya dan juga diantara mereka selain miskin juga ada yang fakir. 

Selain hal tersebut diatas, mereka kadang mendistribusikan atau memberikan zakat fitrah antara kekeluargaan tersebut menggunakan beras yang sama, misalnya ketika seorang ponakan memberikan zakat fitrahnya ke pamannya, maka si paman meskipun sangat miskin memberikan zakat ke saudaranya menggunakan beras yang diterima dari ponakannya tersebut. Karena menurut si paman, semiskin-miskinnya seseorang tetap wajib mengeluarkan zakat fitrah.

PERTANYAAN:

Sebatas mana kriteria fakir atau miskinnya seseorang sehingga tidak wajib mengeluarkan zakat fitrah?

JAWABAN:

Kreteria orang dianggap fakir atau miskin dalam zakat fitrah adalah orang yang tidak memiliki kelebihan dari kebutuhan hari raya dan malam berikutnya.

REFERENSI:

كتاب فتح الوهاب بشرح منهج الطلاب، الجزء ١ الصحفة ٢٠٠
 ولا فطرة على معسر وهو من لم يفضل عن قوته وقوت ممونه يومه وليلته) و عن (ما يليق بهما من ملبس ومسكن وخادم يحتاجها ابتداءا وعن دينه ما يخرجه) في الفطرة، بخلاف من فضل عنه ذلك

Artinya : Tidak wajib zakat fitrah bagi orang yang tidak mampu, yakni orang yang tidak memiliki harta yang lebih untuk memenuhi kebutuhan makanan pokok dirinya dan orang yang wajib ia nafkahi pada saat malam id dan hari raya id, dan untuk memiliki pakaian dan rumah yang layak untuknya serta pelayan yang ia butuhkan dan (melunasi) hutang yang ia miliki, (tidak memiliki harta yang lebih) untuk mengeluarkan zakat fitrah. Berbeda ketika orang tersebut memiliki harta yang lebih untuk zakat fitrah setelah tercukupi kebutuhan di atas (maka wajib baginya zakat fitrah)

حاشية الباجوري، الجزء ٤ الصحفة ٣٦٠ دار المنهاج

والمراد بالمستطيع : من يقدر عليها فاضلة عن حاجته وحاجة ممونه يوم العيد وأيام التشريق ؛ لأن ذلك وقتها ، ونظير ذلك : زكاة الفطر ؛ فإنهم اشترطوا فيها أن تكون فاضلة عن حاجته وحاجة ممونه يوم العيد وليلته ؛ لأن ذلك وقتها

Artinya: Adapun yang dimaksud orang dengan mustatiq (orang yang memiliki kemampuan) adalah orang yang mampu terhadap udhiyyah (kurban) sebagai kelebihan dari kebutuhannya dan kebutuhan orang yang dibiayainya pada hari idul adha dan hari-hari tasriq, karena hari idul adha dan hari-hari tasyriq adalah merupakan waktu disunnatkannya. Perbandingannya adalah zakat fitrah. Karena Ulama' Syafi'iyah mensyaratkan pada zakat fitrah bahwasanya keadaan zakat fitrah adalah merupakan kelebihan dari kebutuhannya dan kebutuhan orang yang dibiayainya pada hari raya idul fitri dan malamnya kerena hari raya idul fitri dan malamnya adalah waktu diwajibkannya.

بشرى الكريم، الجزء ١ الصحفة ٦٩٣

وإنما تسن لحر أو مبعض مسلم رشيد، نعم؛ لأصل قادر بأن ملك زائداً عما يحتاجه يوم العيد وليلته وأيام التشريق ما يحصل بها لأضحية

Artinya: Sesungguhnya disunnahkan berkurban bagi orang yang merdeka, budak muba'adl yang muslim lagi pintar, tetapi ; orang yang mampu adalah orang-orang yang sudah memiliki kelebihan harta dari apa-apa yang ia butuhkan di hari dan malamnya ldul adha dan hari-hari tasyriq dan memiliki kadar harta yang cukup untuk berkurban.

الفقه الإسلامي وأدلته، الجزء ٤ الصحفة ٢٧٠٨

والمستطيع عليها عند الشافعية  هو من يملك ثمنها زائداً عن حاجته وحاجة من يعوله يوم العيد وأيام التشريق، لأن ذلك وقتها، مثل زكاة الفطر، فإنهم اشترطوا فيها أن تكون فاضلة عن حاجته مَمونة يوم العيد وليلته فقط٠

Artinya: Orang yang mampu dalam perspektif Syafi'iyah adalah orang yang memiliki uang seharga udhiyyah (kurban) yang statusnya sebagi kelebihan dari kebutuhannya dan kebutuhan orang yang bergantung kepadanya pada hari idul adha dan hari-hari tasyriq. Karena hari idul adha dan hari tasyriq merupakan hari disunnatkannya melakukan kurban seperti pada idul fitri, karena sesungguhnya Ulama' Syafi'iyah mensyaratkan pada zakat fitrah bahwasanya perkara yang dizakatkan merupakan kelebihan dari kebutuhannya dan biaya hidup pada hari idul fitri dan malamnya saja.

مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج، الجزء ٦ الصحفة ١٢٣

قال الزركشي ؛ ولا بد أن تكون فاضلة عن حاجته وحاجة من يمونه على ما سبق في صدقة التطوع؛ لأنها نوع صدقة اهـ٠ وظاهر هذا أنه يكفي أن تكون فاضلة عما يحتاجه في يومه وليلته وكسوة فصله كما مر في صدقة التطوع. وينبغي أن تكون فاضلة عن يوم العيد وأيام التشريق، فإنه وقتها، كما أن يوم العيد وليلة العيد وقت زكاة الفطر٠ واشترطوا فيها أن تكون فاضلة عن ذلك

Artinya: Imam al-Zarkasyi berkata ; Mestilah orang yang ingin melakukan kurban itu mempunyai kelebihan bagi keperluan diri dan tanggungannya sebagaimana syarat yang telah disebutkan dalam sedekah sunat, karena hal ini salah satu bentuk dari shodaqoh. Apa yang zahir daripada pandangan ini ialah cukup bagi seseorang itu mempunyai kelebihan bagi keperluannya sehari semalam dan pakaiannya mengikut musim sebagaimana yang telah disebutkan dalam shodaqoh sunnah. Begitu juga hendaklah mempunyai kelebihan daripada keperluannya pada Hari Raya idul adha dan hari-hari Tasyriq ini karena itulah waktu untuk berkurban. Hal ini sebagaimana keadaan siang dan malam Hari Raya idul fitri yang menjadi waktu diwajibkan menunaikan zakat fitrah dan para ulama mensyaratkan adanya kelebihan pada waktu tersebut.


والله أعلم بالصواب

 و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

PENANYA :

Nama : Ahmad Hasib
Alamat : Pademawu Pamekasan Madura 
____________________________________

MUSYAWWIRIN :

Member Group WhatsApp Tanya Jawab Hukum

PENASEHAT :

Habib Ahmad Zaki Al-Hamid (Kota Sumenep Madura)
Habib Abdullah bin Idrus bin Agil (Tumpang Malang Jawa Timur)
Gus Abdul Qodir (Balung Jember Jawa Timur)

PENGURUS :

Ketua : Ust. Suhaimi Qusyairi (Ketapang Sampang Madura)
Wakil : Ust. Zainullah Al-Faqih (Umbul Sari Jember Jawa Timur)
Sekretaris : Ust. Moh. Kholil Abdul Karim (Karas Magetan Jawa Timur)
Bendahara : Ust. Syihabuddin (Balung Jember Jawa Timur)

TIM AHLI :

Kordinator Soal : Ust. Qomaruddin (Umbul Sari Jember Jawa Timur)
Deskripsi masalah : Ust. Taufik Hidayat (Pegantenan Pamekasan Madura)
Moderator : Ust. Hosiyanto Ilyas (Jrengik Sampang Madura)
Perumus + Muharrir : Kyai Mahmulul Huda (Bangsal Sari Jember Jawa Timur)
Editor : Ust. Taufik Hidayat (Pegantenan Pamekasan Madura)
Terjemah Ibarot : Ust. Ibrahim Al-Farisi (Tambelangan Sampang Madura)

LINK GROUP TANYA JAWAB HUKUM :
 https://chat.whatsapp.com/ELcAfCdmm5AFXhPJdEPWT3
____________________________________________

Keterangan :

1) Pengurus, adalah orang yang bertanggung jawab atas grup ini secara umum

2) Tim Ahli, adalah orang yang bertugas atas berjalannya grup ini

3) Bagi para anggota grup yang memiliki pertanyaan diharuskan untuk menyetorkan soal kepada kordinator soal dengan via japri. Ya'ni tidak diperkenankan nge-share soal di grup secara langsung.

4) Setiap anggota grup boleh usul atau menjawab walaupun tidak bereferensi, namun tetap keputusan berdasarkan jawaban yang bereferensi.

5) Dilarang memposting iklan / video / kalam2 hikmah / gambar yang tidak berkaitan dengan pertanyaan. Sebab, akan mengganggu akan berjalannya tanya jawab. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

Hukum Anak Zina Lahir 6 Bulan Setelah Akad Nikah Apakah Bernasab Pada Yang Menikai Ibunya ?

Hukum Menjima' Istri Sebelum Mandi Besar ?