Akad yang Dipakai untuk Meng-Gaduh Sapi
HASIL KAJIAN BM NUSANTARA
(Tanya Jawab Hukum Online)
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
DESKRIPSI:
Badrun (nama samaran) meng-gaduh Sapi kepada Qomar. Dalam kesepakatan keduanya, apabila ada keuntungan dari Gaduh Sapi tersebut, maka hasilnya dibagi rata (50 % : 50 %). Namun apabila ternyata Sapi Gaduh yang dijual tersebut rugi, maka Badrun memberi Ongkos/Ujroh dari pembiayaan pakan dan rawat dari Sapi Gaduh tersebut kepada Qomar.
PERTANYAAN:
Termasuk akad apakah sistem meng-gaduh Sapi seperti deskripsi di atas ?
JAWABAN:
Menurut Syafi'iyah adalah termasuk akad ijarah fasidah dan menurut Hanabilah termasuk syirkah shohihah.
REFERENSI :
الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي، الجزء ٦ الصحفة ١٤٧
هـ - أن تكون معلومة للعاقدين: فلا تصحّ إجارة الدار بما تحتاجه من عمارة، ولا إجارة سيارة بوقودها، أو دابة بعلفها، لجهالة الأُجرة في هذه الحالات
Artinya : Besar ongkos (ujroh) harus diketahui oleh kedua belah pihak.
Maka tidak sah hukumnya menyewakan rumah dengan ongkos membetulkan rumah tersebut, dan juga tidak sah menyewakan mobil dengan ongkos membetulkan mobil tersebut, atau menyewakan binatang kendaraan dengan ongkos memberi makan rumput, karena dalam kasus-kasus ini besaran upahnya tidak jelas.
الفقه المنهجي على مذهب الإمام الشافعي، الجزء ٦ الصحفة ١٥١
الإجارة الفاسدة وأُجرة المثل؛ إذا اختلّ شرط من شروط الإجارة كانت الإجارة فاسدة، ووجب على المستأجر أن يردّ العين المؤجرة إذا كان قد استلمها٠ فإذا كان قد استوفى منافعها، أو مضى وقت يمكنه فيه الاستيفاء، وجب عليه أجرة المثل كاملة، سواء أكانت مساوية للأجرة المسمّاة أم أكثر منها أم أقل
Artinya : Ijaroh Fasidah (rusak atau tidak sah) dan ujroh mitsil (ongkos atau upah standar). Apabila dalam ijaroh ada satu syarat sahnya yang tidak terpenuhi maka ijaroh tersebut fasid (rusak). Maka konsekwensinya si penyewa wajib mengembalikan barang sewaannya jika barang tersebut sudah Dia terima. Apabila Dia telah memanfaatkan barang sewaan tersebut secara penuh, atau melewati masa waktu pemanfaatan barang sewaan tersebut maka si penyewa tadi wajib membayar ujroh mitsil (ongkos /upah standar) baik nilainya sama besar dengan ujroh musamma (ongkos atau upah yang disebutkan dalam akad) atau lebih besar atau bahkan lebih kecil dari ujroh musamma tersebut.
إعلام الموقعين عن رب العالمين، الجزء ٤ ، الصحفة ١٧
مُشَارَكَةُ الْعَامِلِ لِلْمَالِكِ، وَأَنْوَاعُهَا: الْمِثَالُ التَّاسِعُ وَالثَّمَانُونَ: تَجُوزُ الْمُغَارَسَةُ عِنْدَنَا عَلَى شَجَرِ الْجَوْزِ وَغَيْرِهِ، بِأَنْ يَدْفَعَ إلَيْهِ أَرْضَهُ وَيَقُولَ: اغْرِسْهَا مِنْ الْأَشْجَارِ كَذَا وَكَذَا، وَالْغَرْسُ بَيْنَنَا نِصْفَانِ، وَهَذَا كَمَا يَجُوزُ أَنْ يَدْفَعَ إلَيْهِ مَالَهُ يَتَّجِرُ فِيهِ، وَالرِّبْحُ بَيْنَهُمَا نِصْفَانِ، وَكَمَا يَدْفَعَ إلَيْهِ أَرْضَهُ يَزْرَعَهَا، وَالزَّرْعُ بَيْنَهُمَا، وَكَمَا يَدْفَعَ إلَيْهِ شَجَرَةً يَقُومُ عَلَيْهِ، وَالثَّمَرُ بَيْنَهُمَا، وَكَمَا يَدْفَعَ إلَيْهِ بَقَرَهُ أَوْ غَنَمَهُ أَوْ إبِلَهُ يَقُومُ عَلَيْهَا، وَالدَّرُّ وَالنَّسْلُ بَيْنَهُمَا، وَكَمَا يَدْفَعَ إلَيْهِ زَيْتُونَهُ يَعْصِرُهُ، وَالزَّيْتُ بَيْنَهُمَا، وَكَمَا يَدْفَعَ إلَيْهِ دَابَّتَهُ يَعْمَلُ عَلَيْهَا، وَالْأُجْرَةُ بَيْنَهُمَا، وَكَمَا يَدْفَعَ إلَيْهِ فَرَسَهُ يَغْزُو عَلَيْهَا، وَسَهْمُهَا بَيْنَهُمَا، وَكَمَا يَدْفَعَ إلَيْهِ قَنَاةً يَسْتَنْبِطُ مَاءَهَا، وَالْمَاءُ بَيْنَهُمَا، وَنَظَائِرُ ذَلِكَ؛ فَكُلُّ ذَلِكَ شَرِكَةٌ صَحِيحَةٌ قَدْ دَلَّ عَلَى جَوَازِهَا النَّصُّ وَالْقِيَاسُ وَاتِّفَاقُ الصَّحَابَةِ وَمَصَالِحُ النَّاسِ، وَلَيْسَ فِيهَا مَا يُوجِبُ تَحْرِيمَهَا مِنْ كِتَابٍ، وَلَا سُنَّةٍ، وَلَا إجْمَاعٍ، وَلَا قِيَاسٍ، وَلَا مَصْلَحَةٍ، وَلَا مَعْنًى صَحِيحٍ يُوجِبُ فَسَادَهَا٠
Artinya : Musyarokah (kerjasama) antara Amil (Pekerja) dengan Malik (Pemilik modal). Contoh yang ke-89. Boleh akad Mughorosah (bagi hasil panen tanaman) menurut Madzhab Kami (Hanbali) pada buah jauz dan lain sebagainya, contohnya ; Seseorang menyerahkan tanahnya (untuk ditanami) dengan mengatakan : "Tanamilah tanahku ini dengan tanaman. Adapun hasilnya nanti dibagi dua, hal ini hukumnya sama seperti seseorang menyerahkan hartanya untuk diperdagangkan dan labanya dibagi dua. Seseorang memasrahkan tanahnya untuk ditanami dan hasil panennya dibagai dua. Seseorang memasrahkan tanamannya untuk dirawat dan hasil panennya dibagi antara Pemilik dan Perawat. Seseorang memasrahkan Sapi, Kambing atau Onta kepadanya, untuk dirawat dan hasil perahan susu maupun anaknya dibagi antara Pemilik dan Perawat. Seseorang menyerahkan buah zaitun untuk diperas lalu hasil minyaknya dibagi diantara keduanya. Seseorang menyerahkan hewan / kendaraannya dan hasil upah sewa atau kerjanya dibagi antara keduanya. Seseorang menyerahkan kudanya untuk dibuat perang dan hasil barang rampasannya dibagi di antara keduanya. Seseorang membuat parit untuk diambil airnya dan airnya dibagi diantara keduanya. Serta contoh-contoh lainnya, maka semua contoh diatas merupakan bentuk syirkah atau kerjasama yang sah. Dan sungguh terdapat dalil yang menunjukkan kebolehannya baik dari nash maupun dari qiyas, dan kesepakatan para Sahabat serta kemaslahatan Masyarakat. Dan dalam masalah-masalah tersebut tidak ada faktor yang mengharamkannya baik menurut al-Qur'an, hadits, ijma', qiyas, maslahat, maupun makna shohih yang menghukuminya rusak.
_________________________________
Catatan : Tentang Intiqol Madzhab
Boleh seseorang Taqlid pada Madzhab lain apabila Dia memenuhi syarat-syarat taqlid.
REFERENSI :
إعانة الطالبين على حل ألفاظ فتح المعين، الجزء ٤ الصحفة ٢٤٩
وحاصل الكلام عليه أن التقليد هو الاخذ والعمل بقول المجتهد من غير معرفة دليله، ولا يحتاج إلى التلفظ به، بل متى استشعر العامل أن عمله موافق لقول إمام فقد قلده
Artinya : Kesimpulan pembahasan atas hal tersebut adalah : bahwasanya pengertian Taqlid adalah mengambil dan mengamalkan pendapat seorang Mujtahid tanpa mengetahui dalilnya. Dan dalam bertaqlid tersebut tidak membutuhkan pengucapan lafad taqlid, tetapi setiap kapanpun Seseorang yang beramal merasa bahwa amalnya tersebut cocok dengan pendapat salah satu Imam Mujtahid, maka sesungguhnya Dia sudah bertaqlid pada Imam Mujtahid tersebut.
وله شروط ستة: الأول: أن يكون مذهب المقلد - بفتح اللام - مدونا٠ الثاني: حفظ المقلد - بكسر اللام - شروط المقلد - بفتح اللام - في تلك المسألة٠ الثالث: أن لا يكون التقليد مما ينقض فيه قضاء القاضي٠ الرابع: أن لا يتتبع الرخص بأن يأخذ من كل مذهب بالاسهل، وإلا فتنحل ربقة التكليف من عنقه٠ قال ابن حجر: ومن ثم كان الاوجه أن يفسق به، وقال الرملي الاوجه أنه لا يفسق وإن أثم به٠ الخامس: أن لا يعمل بقول في مسألة ثم يعمل بضده في عينها، كأن أخذ نحو دار بشفعة الجوار تقليدا لابي حنيفة، ثم باعها ثم اشتراها فاستحق واحد مثله بشفعة الجوار، فأراد أن يقلد الامام الشافعي ليدفعها، فإنه لا يجوز٠ السادس: أن لا يلفق بين قولين تتولد منهما حقيقة واحدة مركبة، لا يقول كل من الامامين بها وزاد بعضهم شرطا سابعا: وهو أنه يلزم المقلد اعتقاد أرجحية أو مساواة مقلده للغير٠
Dalam masalah taqlid ada beberapa syarat :
Pertama, madzhab Imam Mujtahid yang diikuti harus mudawwan (pendapat Mujtahid tersebut terbukukan). Kedua, Orang yang bertaqlid dalam suatu masalah, harus memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh Mujtahid yang diikuti, dalam masalah tersebut. Ketiga ia tidak bertaklid dengan pendapat yang dapat menggugurkan/ membatalkan putusan Hakim. Keempat, Tidak boleh hanya mengambil pendapat yang ringa-ringan saja dari masing-masing Madzhab, apabila hal itu dilakukan maka Dia berarti ingin melarikan diri dari tanggung jawab dalam hukum Agama. Ibnu Hajar al-Haitami berkata : orang seperti ini lebih tepat dihukumi fasiq. Imam Romli berkata : orang seperti ini tidak termasuk fasiq meskipun Dia berdosa karena melakukan hal itu. Kelima, tidak boleh menggunakan suatu pendapat Seorang Mujtahid dalam satu masalah lalu menggunakan pendapat Mujtahid lainnya yang berlawanan di dalam masalah yang sama. Contoh : Seseorang (si- A) mengambil (membeli) sebuah rumah dengan cara syuf'atul jiwar (lebih berhak membeli karena dia statusnya sebagai tetangga / tanah atau rumahnya bersebelahan misalnya) dengan berdasar pendapat Imam Abu Hanifah, lalu Dia menjual rumah tersebut dan kemudian Dia membelinya kembali. Lalu ada orang lain (si-B) yang sebenarnya punya hak Syuf'ah juga atas nama sebagai tetangga terhadap si-A tadi. Lalu si-A tadi, mengambil pendapat Imam Syafi'i dalam masalah syuf'ah ini, dengan tujuan agar dapat menggugurkan atau menolak hak syuf'ah si- B. Maka menggunakan dua pendapat Mujtahid yang bertentangan seperti ini dalam satu masalah yang sama, hukumnya tidak boleh. Keenam, tidak boleh melakukan talfiq dengan diantara dua qoul yang dapat melahirkan suatu kenyataan baru atau masalah yang tumpang tindih, yang hal tersebut tidak diungkapkan oleh masing-masing dari dua orang Mujtahid itu. (satu perkara yang dalam perkara tersebut terjadi campur aduk pendapat berbagai Madzhab). Sebagian Ulama' menambahkan syarat. Ketujuh, yaitu orang yang taqlid tersebut harus meyakini bahwa pendapat Mujtahid yang Dia ikuti itu lebih kuat atau sama-sama kuat jika dibanding dengan mujtahid yang lain.
تنويرالقلوب، الصحفة ٣٩٧
الخامس: عدم التلفيق بأن لايلفق في قضية واحدة ابتداء ولادواما بين قولين يتولد منهما حقيقة لا يقول بها صاحبهما
Artinya : Tidak boleh Talfiq contohnya Dia melakukan talfiq dalam satu rangkaian ibadah hanya diawalnya saja, tidak sampai selesai, dengan mencampur-adukan dua pendapat yang justru menimbulkan kenyataan baru yang sama sekali kedua Madzhab tersebut tidak pernah berpendapat seperti itu.
بغية المسترشدين، الصحفة ١٦
مسئلة ك: يجوز التقليد بعد العمل بشرطين: أن لا يكون حال العمل عالماً بفساد ما عنّ له بعد العمل تقليده، بل عمل نسيان للمفسد أو جهل بفساده وعذر به، وأن يرى الإمام الذي يريد تقليده جواز التقليد بعد العمل
Artinya : (Masalah yang disebutkan dalam Fatawa al-Kurdi). Boleh seseorang bertaqlid pada suatu Madzhab meskipun setelah amal dengan 2 syarat : Ketika beramal Dia tidak tahu bahwa apa yang dilakukannya itu rusak (tidak sah) menurut Madzhab yang Dia ikuti namun Dia baru tahu rusaknya tersebut setelah Dia sudah melakukannya. Hal ini hukumnya seperti orang yang melakukan hal yang membatalkan karena lupa, atau karena tidak tahu bahwa hal itu membatalkan atau Dia udzur. Imam yang akan Dia ikuti membolehkan taqlid ba'da amal
فمن أراد تقليد أبي حنيفة بعد العمل سأل الحنفية عن جواز ذلك، ولا يفيده سؤال الشافعية حينئذ، إذ هو يريد الدخول في مذهب الحنفي، ومعلوم أنه لا بد من شروط التقليد المعلومة زيادة على هذين اهـ
Maka barang siapa yang ingin mengikuti pendapat Imam Hanafi maka Dia harus bertanya pada pengikut Madzhab Hanafi tentang kebolehan taqlid bada (setelah) amal. Dan bagi orang tersebut tidak ada faedahnya jika dia bertanya pada pengikut madzhab syafi'i karena Dia ingin masuk ke madzhab Hanafi. Dan sudah dimaklumi bahwasanya orang tersebut juga harus memenuhi syarat-syarat taqlid sebagamana yang telah diketahui, hal ini sebagai syarat tambahan dalam taqlid ba'da amal disamping dua syarat di atas.
وفي ي نحوه، وزاد: ومن قلد من يصح تقليده في مسألة صحت صلاته في اعتقاده بل وفي اعتقادنا، لأنا لا نفسقه ولا نعدّه من تاركي الصلاة، فإن لم يقلده وعلمنا أن عمله وافق مذهباً معتبراً، فكذلك على القول بأن العامي لا مذهب له، وإن جهلنا هل وافقه أم لا لم يجز الإنكار عليه
Dalam fatawa syekh Abdulloh bin Umar terdapat tambahan keterangan : Dan siapa saja yang bertaklid dalam satu masalah, kepada imam yang madzhabnya sah / boleh diikuti, maka sholatnya sah menurut dia bahkan sah menurut kita, karena kita tidak menganggap dia berbuat fasiq dan kita tidak menganggapnya meninggalkan sholat. Lalu apabila orang tersebut tidak taqlid terhadap salah satu Mujtahid namun kita tahu bahwa amalnya tersebut cocok dengan salah satu Madzhab yang diakui, maka amalnya tersebut hukumnya sah berdasar pendapat yang menyatakan : "Orang awam itu tidak punya madzhab". Dan apabila kita tidak tahu apakah amal orang tersebut cocok atau tidak dengan salah satu madzhab maka kita tidak boleh ingkar dengan amal yang dia lakukan.
والله أعلم بالصواب
و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
PENANYA
Nama : Moh. Sholehuddin
Alamat : Sumenep
_______________________________
MUSYAWWIRIN :
Member Group WhatsApp Tanya Jawab Hukum.
PENGURUS :
Ketua : Ust. Zainullah Al-Faqih
Wakil : Ust. Suhaimi Qusyairi
Sekretaris : Ust. Sholihin
Bendahara : Ust. Syihabuddin
TIM AHLI :
Kordinator Soal : Ust. Qomaruddin
Deskripsi masalah : Ust. Taufik Hidayat
Moderator : Ust. Zainullah Al-Faqih
Perumus : Ust. Zainul Qudsiy, Ust. Robit Subhan
Muharrir : Ust. Mahmulul Huda, Ust. Anwar Sadad
Editor : Ust. Hosiyanto Ilyas
Terjemah Ibarot : Ust. Abd. Lathif, Ust. Robit Subhan
PENASEHAT :
Habib Abdullah bin Idrus bin Agil
Gus Abd. Qodir
_________________________
Komentar
Posting Komentar