Hukum Memakan Daging Biawak


HASIL KAJIAN BM NUSANTARA 
(Tanya Jawab Hukum Online)

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

DESKRIPSI:

Budi (nama samaran) merupak pemuda yang mempunyai hobi mancing. Suatu ketika saat Dia mancing di sebuah sungai, melintas di depannya seekor Biawak yang lumayan besar. Tanpa berfikir panjang lagi, Dia langsung mengejar dan menangkap Biawak tersebut. 

Setelah Biawak tersebut tertangkap lalu Budi pulang untuk menyembelih atau memotong kemudian memasak Biawak hasil tangkapannya tersebut untuk dimakan.

PERTANYAAN:

Bagaimana hukum memakan Biawak, halal ataukah haram?

JAWABAN:

Biawak termasuk binatang yang haram dan tidak boleh dimakan karena biawak bukanlah dlob yang disebutkan dalam hadits. Biawak memiliki ciri-ciri yang tidak sama dengan dlab.

REFERENSI:

حاشية الجمل، الجزء ٢٢ الصحفة ٢٤٣-٢٤٤

وَضَبٌّ ) هُوَ حَيَوَانٌ يُشْبِهُ الْوَرَلَ يَعِيشُ نَحْوِ سَبْعَمِائَةِ سَنَةٍ وَمِنْ شَأْنِهِ أَنَّهُ لَا يَشْرَبُ الْمَاءَ وَأَنَّهُ يَبُولُ فِي كُلِّ أَرْبَعِينَ يَوْمًا مَرَّةً وَلَا يَسْقُطُ لَهُ سِنٌّ وَلِلْأُنْثَى مِنْهُ فَرْجَانِ وَلِلذَّكَرِ ذَكَرَانِ

Artinya : (Binatang dlab) adalah binatang yang menyerupai biawak yang hidup sekitar tujuh ratus tahun, kriterianya adalah dia tidak minum air, kencing hanya sekali dalam 40 hari, giginya tidak akan tanggal. Spesies betinanya memiliki dua alat kelamin betina dan yang jantan pun juga memiliki dua alat kelamin jantan.


إعانة الطالبين، الجزء ٢ الصحفة ٣٩٨

قوله: وضب) أي لانه أكل على مائدته (ص) ولم يأكل هو منه، فقيل له: أحرام هو ؟ قال: لا. ولكنه ليس بأرض قومي، فأجد نفسي تعافه . وهو حيوان للذكر منه ذكران، وللانثى فرجان. وهو يعيش سبعمائة سنة فصاعدا، وأنه يبول في كل أربعين يوما قطرة، ولا يشرب الماء بل يكتفي بالنسيم، أو برد الهواء .ولا يسقط له سن، ويقال إن أسنانه قطعة واحدة، وإن أكل لحمه يذهب العطش

Artinya : (Keterangan dlab) karena Beliau Saw. dihidangan dlab akan tetapi beliau tidak memakannya. Maka ditanyakan, ”Apakah dlab haram?” maka dikatakan,” tidak.” Akan tetapi dlab tidak ada di daerahku, maka diriku tidak pernah memakannya. Dlab adalah hewan yang memiliki dua dzakar bagi laki-laki, dan dua farji bagi perempuan. Ia bisa hidup 700 tahun lebih, kencingnya hanya setetes selama 40 tahun, tidak minum air cukup dengan angin atau udara dingin. Giginya tidak pernah tanggal. Dikatakan bahwa giginya hanya tanggal satu. Dan apabila dia memakan dagingnya maka dahaganya akan hilang.



حياة الحيوان الكبرى، الجزء ٢ الصحفة ٥٤٠-٥٤٢

اﻟﻮﺭل : ﺑﻔﺘﺢ اﻟﻮاﻭ ﻭاﻟﺮاء اﻟﻤﻬﻤﻠﺔ ﻭﺑﺎﻟﻻﻡ ﻓﻲ ﺁﺧﺮﻩ، ﺩاﺑﺔ ﻋﻠﻰ ﺧﻠﻘﺔ اﻟﻀﺐ ﺇﻻ ﺃﻧﻪ ﺃﻋﻈﻢ ﻣﻨﻪ، ﻭاﻟﺠﻤﻊ ﺃﻭﺭاﻝ ﻭﻭﺭﻻﻥ ﻭاﻷﻧﺜﻰ ﻭﺭﻟﺔ. ﻛﺬا ﻗﺎﻟﻪ اﺑﻦ ﺳﻴﺪﻩ

Artinya : Biawak : hewan merayap atau  merangkak, bentuknya seperti hewan Dlab, tetapi lebih besar dari pada Dlab.

ﻭﻗﺎﻝ اﻟﻘﺰﻭﻳﻨﻲ: ﺇﻧﻪ اﻟﻌﻈﻴﻢ ﻣﻦ اﻟﻮﺯﻍ، ﻭﺳﺎﻡ ﺃﺑﺮﺹ ﻃﻮﻳﻞ اﻟﺬﻧﺐ ﺳﺮﻳﻊ اﻟﺴﻴﺮ، ﺧﻔﻴﻒ اﻟﺤﺮﻛﺔ. ﻭﻗﺎﻝ ﻋﺒﺪ اﻟﻠﻄﻴﻒ اﻟﺒﻐﺪاﺩﻱ: اﻟﻮﺭﻝ ﻭاﻟﻀﺐ ﻭاﻟﺤﺮﺑﺎء، ﻭﺷﺤﻤﺔ اﻷﺭﺽ ﻭاﻟﻮﺯﻍ، ﻛﻠﻬﺎ ﻣﺘﻨﺎﺳﺒﺔ ﻓﻲ اﻟﺨﻠﻖ، ﻓﺄﻣﺎ اﻟﻮﺭﻝ ﻭﻫﻮ اﻟﺤﺮﺫﻭﻥ ﻓﻠﻴﺲ ﻓﻲ اﻟﺤﻴﻮاﻥ ﺃﻛﺜﺮ ﺳﻔﺎﺩا ﻣﻨﻪ، ﻭﺑﻴﻨﻪ ﻭﺑﻴﻦ اﻟﻀﺐ ﻋﺪاﻭﺓ، ﻓﻴﻐﻠﺐ اﻟﻮﺭﻝ اﻟﻀﺐ ﻭﻳﻘﺘﻠﻪ، ﻟﻜﻨﻪ ﻻ ﻳﺄﻛﻠﻪ ﻛﻤﺎ ﻳﻔﻌﻞ ﺑﺎﻟﺤﻴﺔ، ﻭﻫﻮ ﻻ ﻳﺘﺨﺬ ﺑﻴﺘﺎ ﻟﻨﻔﺴﻪ  ﻭﻻ ﻳﺤﻔﺮ ﻟﻪ ﺟﺤﺮا ﺑﻞ ﻳﺨﺮﺝ اﻟﻀﺐ ﻣﻦ ﺟﺤﺮﻩ ﺻﺎﻏﺮا ويستولى عليه

Quzwaini berkata ; Sesungguhnya Biawak lebih besar dari Cicak dan Tokek, memiliki ekor yang panjang, jalanya cepat, gerakannya lincah. Abdul Lathif al-Baghdadi berkata ; Biawak, Dlab, Bunglon, Luwing, Cicak. Semuanya sebangsa di dalam penciptaan. Adapun biawak ialah reptil (sejenis kadal), maka tidak ada pada hewan yang lebih banyak pejantannya darinya. Dan diantara Biawak dan Dlab terdapat permusuhan, maka Biawak mengalahkan Dlab dan membunuhnya, tetapi Biawak tidak memakannya seperti yang dilakukannya terhadap ular. Dan Biawak tidak membuat rumah bagi dirinya sendiri, dan tidak pula menggali liang (lubang), akan tetapi Biawak mengeluarkan Dlab yang kecil dari liangnya lalu Ia menguasai liang tersebut

اﻟﺤﻜﻢ : ﻣﻘﺘﻀﻰ ﻣﺎ ﺗﻘﺪﻡ ﻣﻦ ﺃﻛﻠﻪ اﻟﺤﻴﺎﺕ ﺃﻧﻪ ﻳﺤﺮﻡ، ﻭﻫﺬا ﻫﻮ اﻟﻈﺎﻫﺮ ﻣﻦ ﻗﻮﻝ اﻷﻗﺪﻣﻴﻦ

Hukumnya : Mengikut makna yang ditunjukkan dari keputusan hukum sebelumnya mengenai haramnya memakan ular-ular, maka di sini hukumnya juga haram. Ini merupakan kesimpulan yang saya fahami dari pendapatnya orang-orang (ulama') yang lebih dahulu.


ﻭﻣﻦ ﻗﻮاﻋﺪﻫﻢ اﻟﺨﺎﺻﺔ ﺃﻳﻀﺎ ﺗﺤﻠﻴﻞ ﻛﻞ ﺫاﺕ ﻃﻮﻕ ﻭﻟﻘﺎﻁ ﻭﻃﻴﻮﺭ اﻟﻤﺎء ﻛﻠﻬﺎ، ﺇﻻ اﻟﻠﻘﻠﻖ ﻛﻤﺎ ﺗﻘﺪﻡ. ﻭﻣﻦ ﻫﺬﻩ اﻟﻘﻮاﻋﺪ ﻳﺆﺧﺬ ﺗﺤﺮﻳﻢ اﻟﻮﺭﻝ ﻷﻧﻪ ﻣﻦ اﻟﺤﺸﺮاﺕ، ﻭﻟﻢ ﻳﺴﺘﺜﻨﻮﻩ

Dan dari Qoidah-qoidah mereka, ditentukan juga kehalalan setiap hewan yang memiliki lingkar leher dan paruh, dan burung-burung air semuanya, kecuali Bangau seperti penjelasan yang telah berlalu. Dan dari Qoidah-qoidah ini diambil keputusan haramnya Biawak, karena sesungguhnya Ia termasuk Hasyarot, dan mereka tidak mengecualikannya.



 والله أعلم بالصواب

و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

PENANYA

Nama : Nuri Qur'aniy
Alamat : Tiris Timur, Probolinggo, Jawa Timur

_______________________________


MUSYAWWIRIN :

Member Group WhatsApp Tanya  Jawab Hukum.

PENGURUS :

Ketua : Ust. Zainullah Al-Faqih
Wakil : Ust. Suhaimi Qusyairi
Sekretaris : Ust. Sholihin
Bendahara : Ust. Syihabuddin

TIM AHLI :

Kordinator Soal : Ust. Taufik Hidayat
Moderator : Ust. Zainullah Al-Faqih
Perumus : Ust. Zainul Qudsiy, Ust. Robit Subhan
Muharrir : Ust. Mahmulul Huda, Ust. Anwar Sadad
Editor : Ust. Hosiyanto Ilyas

PENASEHAT : Gus Abd. Qodir

_________________________


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

Hukum Penyembelihan Hewan Dengan Metode Stunning Terlebih Dahulu Halalkah ?

Hukum Menjima' Istri Sebelum Mandi Besar ?