Hukum Sholat Isyak Bermakmum pada Imam Sholat Tarawih


HASIL KAJIAN BM NUSANTARA 
(Tanya Jawab Hukum Online)

 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

DESKRIPSI:

Suatu ketika Imam Junid (nama samaran) Pergi ke Masjid untuk Sholat Isyak dan Tarawih berjemaah, namun Imam Junid agak  terlambat karena Imam sudah Sholat Tarawih. Kemudian tanpa berpikir panjang, langsung saja Imam Junid Sholat Isya' bermakmum pada Imam yang sedang Sholat Tarawih.

PERTANYAAN:

Sahkah Sholat Isya' Imam Junid yang bermakmum pada Imam yang sedang Sholat Tarawih?

JAWABAN:

Sah Sholat Isya' Imam Junid. Mengenai sholat berjamaah atau sholat sendiri yang lebih utama, Ulama' berbeda pendapat dan menurut pendapat yang mu'tamad adalah berjamaah.

REFERENSI:

الجمل، الجزء ١ الصحفة ٥٦٣

ﻗﻮﻟﻪ ﻭﻣﻔﺘﺮﺽ ﺑﻤﺘﻨﻔﻞ ﺇﻟﺦ ﻓﺘﺼﺢ اﻟﻌﺸﺎء ﺧﻠﻒ اﻟﺘﺮاﻭﻳﺢ ﻛﻤﺎ ﻟﻮ اﻗﺘﺪﻯ ﻓﻲ اﻟﻈﻬﺮ ﺑﺎﻟﺼﺒﺢ ﻓﺈﺫا ﺳﻠﻢ اﻹﻣﺎﻡ ﻗﺎﻡ ﻟﻴﺘﻢ ﺻﻼﺗﻪ، ﻭاﻷﻭﻟﻰ ﻟﻪ ﺇﺗﻤﺎﻣﻬﺎ ﻣﻨﻔﺮﺩا ﻓﺈﻥ اﻗﺘﺪﻯ ﺑﻪ ﺛﺎﻧﻴﺎ ﻓﻲ ﺭﻛﻌﺘﻴﻦ ﺃﺧﺮﻳﻴﻦ ﻣﻦ اﻟﺘﺮاﻭﻳﺢ ﺟﺎﺯ ﻛﻤﻨﻔﺮﺩ اﻗﺘﺪﻯ ﻓﻲ ﺃﺛﻨﺎء ﺻﻼﺗﻪ ﺑﻐﻴﺮﻩ ﻭﺗﺼﺢ اﻟﺼﺒﺢ ﺧﻠﻒ اﻟﻌﻴﺪ ﻭاﻻﺳﺘﺴﻘﺎء ﻭﻋﻜﺴﻪ ﻟﺘﻮاﻓﻖ ﻧﻈﻢ ﺃﻓﻌﺎﻟﻬﻤﺎ، ﻭاﻷﻭﻟﻰ ﻟﻪ ﺃﻥ ﻻ ﻳﻮاﻓﻘﻪ ﻓﻲ اﻟﺘﻜﺒﻴﺮ اﻟﺰاﺋﺪ ﺇﻥ ﺻﻠﻰ اﻟﺼﺒﺢ ﺧﻠﻒ اﻟﻌﻴﺪ ﺃﻭ اﻻﺳﺘﺴﻘﺎء

Artinya: (Perkataan " sholat fardhu bermakmum kepada orang sholat sunnat Sah sholat isya' bermakmum dibelakang sholat taraweh sebagaimana seandainya orang sholat dhuhur bermakmum dengan sholat subuh, dan ketika Imam salam dia berdiri untuk menyempurnakan sholatnya. Dan lebih utama baginya menyempurnakan sholatnya sendirian. Jika orang yang (sholat isya') dua rakaat akhirnya bermakmum dengan sholat taraweh adalah diperbolehkan seperti bermakmum kepada orang lain dipertengahan sholat. Dan sah sholat subuh bermakmum dibelakang sholat i'ed dan istisqa' dan sebaliknya, karena kecocokan susunan pelaksanaan keduanya. Dan lebih utama bagi Makmum tidak mengikuti takbir tambahan jika sholatnya bermakmum dibelakang sholat i'ed atau istisqa'.

حاشية الجمل، الجزء ١ الصحفة ٥٦٣

قَوْلُهُ أَيْضًا وَبِالْعُكُوسِ وَالْجَمَاعَةُ أَفْضَلُ مِنْ الِانْفِرَادِ عَلَى الْمُعْتَمَدِ اهـ

Artinya : (Ucapannya, juga dengan sebaliknya), dan yang Mu'tamad, berjemaah lebih utama dari pada Sholat sendirian.

شرح يقوت النفيس، الصحفة ٢٠٥

وهناك خلاف بين العلماء :هل يجوز ان يصلي الفرض خلف من يصلي نافلة مثل من اراد ان يصلي العشاء جماعة خلف من يصلي التراويح ؟ قال بعضهم :الانفراد افضل خروجا من الخلاف لان الصلاة منفردا افضل من حيث كونها متفقا على صحتها ،وصلاة الفرض خلف النفل موجود الخلاف فيها

Artinya : Dan disitu perbedaan antara Ulama' : Bolehkah seseorang yang sholat fardlu berjemaah dibelakang orang yang sholat Sunnah, seperti seseorang yang mau sholat Isyak dengan berjemaah dibelakang orang yang sholat tarawih ? Sebagian Ulama' berkata; sholat sendiri lebih utama, dalam rangka keluar dari khilaf, karena sholat sendirian lebih utama dari segi disepakati keabsahannya oleh para Ulama', sementara sholat fardhu dibelakang sholat sunnah masih diperselisihkan keabsahannya.


   والله أعلم بالصواب

 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

PENANYA

Nama : Taufik Hidayat
Alamat : Pegantenan Pamekasan Madura Jawa Timur


MUSYAWWIRIN :

Member Group WhatsApp Tanya  Jawab Hukum.

PENGURUS :

Ketua : Ust. Zainullah Al-Faqih
Wakil : Ust. Suhaimi Qusyairi
Sekretaris : Ust. Sholihin
Bendahara : Ust. Syihabuddin

TIM AHLI :

Kordinator Soal : Taufik Hidayat
Moderator : Ust. Zainullah Al-Faqih
Perumus : Ust. Zainul Qudsiy, Ust. Robit Subhan
Muharrir : Ust. Mahmulul Huda, Ust. Anwar Sadad
Editor : Ust. Hosiyanto Ilyas

PENASEHAT :

 Gus Abd. Qodir
_________________________



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

Hukum Anak Zina Lahir 6 Bulan Setelah Akad Nikah Apakah Bernasab Pada Yang Menikai Ibunya ?

Hukum Menjima' Istri Sebelum Mandi Besar ?