Hukum Makmum Langsung Rukuk Mengikuti Imam


HASIL KAJIAN BM NUSANTARA 
(Tanya Jawab Hukum Online)

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

DESKRIPSI:

Farhan A. M merupakan anak yang rajin sekali sholat tarawih. 10 hari sudah Ramadlon berlalu, 10 kali juga sholat tarawih berlangsung tanpa sekalipun absen. Maklum lah Masjid dekat sekali dengan rumah Farhan.

Dalam 10 malam tersebut si Farhan A. M Sholat tarawih dengan menjadi Makmum. Akan tetapi yang mengganjal dihatinya, Imam Sholat tarawih di Masjid itu terlalu cepat atau kencang dalam melaksanakan Sholat Tarawih tersebut, sampai-sampai si Farhan tidak dapat menyempurnakan bacaan Fatihahnya, karena Imam keburu ruku', jadi Farhan ikut ruku' juga. Demikian pun dengan bacaan Tasyahhud Akhir, Farhan masih sampai pada kalimat Assalaamu'alainaa, ternyata Imam sudah Salam.

PERTANYAAN:

Sahkan Sholat Farhan yang belum menyempurnakan bacaan Fatihah langsung ikut pada Ruku' Imam ? 

 JAWABAN:

Sholat Makmum yang belum membaca Fatihah dengan sempurna, kemudian melakukan ruku' karena mengikuti Imamnya adalah sah, apabila Sholatnya bermakmum kepada Imam yang dianggap bacaannya sangat cepat menyalahi kebiasaan, karena dalam hal ini Makmum tersebut dianggap sebagai Makmum Masbuq.

REFERENSI:

نهاية الزين، الجزء ١ الصحفة ٢٢

وَلَو اقْتدى بِإِمَام سريع الْقِرَاءَة على خلاف الْعَادة  وَالْمَأْمُوم معتدلها وَكَانَ فِي قيام كل رَكْعَة لَا يدْرك مَعَ الإِمَام زَمنا يسع الْفَاتِحَة من الْوسط المعتدل فَهُوَ مَسْبُوق فِي كل رَكْعَة *فَيقْرَأ من الْفَاتِحَة مَا أدْركهُ وَإِذا ركع إِمَامه ركع مَعَه وَسقط عَنهُ بَاقِي الْفَاتِحَة لتحمل الإِمَام لَهُ وعَلى هَذَا فَيمكن سُقُوط بعض الْفَاتِحَة عَنهُ فِي كل رَكْعَة

Apabila bermakmum kepada Imam yang bacaan Fatihahnya sangat cepat -menyalahi kebiasaan-, sementara bacaan  Makmum sedang (kecepatannya), dan saat berdiri dalam  setiap rakaatnya tidak bisa mendapati waktu yang cukup bersamaan dengan Imam untuk membaca Fatihah dengan sempurna, maka yang seperti ini makmum termasuk Masbuq pada setiap rakaatnya. Ia diperbolehkan membaca Fatihah sedapat mungkin ia membaca, kemudian apabila Imamnya ruku' maka  ia ruku' mengikuti Imamnya dan tidak perlu menyempurnakan bacaan Fatihah karena telah ditanggung Imam. Dan keadaan ini memungkinkan menjadi gugurnya sebagian Fatihah makmum setiap rakaat.


نهاية الزين، الجزء ١ الصحفة ١٢٤

وَإِن وجد الإِمَام فِي الْقيام قبل أَن يرْكَع وقف مَعَه فَإِن أدْرك مَعَه قبل الرُّكُوع زَمنا يسع الْفَاتِحَة بِالنِّسْبَةِ للوسط المعتدل فَهُوَ مُوَافق فَيجب عَلَيْهِ إتْمَام الْفَاتِحَة وَيغْتَفر لَهُ التَّخَلُّف بِثَلَاثَة أَرْكَان طَوِيلَة كَمَا تقدم وَإِن لم يدْرك مَعَ الإِمَام زَمنا يسع الْفَاتِحَة فَهُوَ مَسْبُوق يقْرَأ مَا أمكنه من الْفَاتِحَة وَمَتى ركع الإِمَام وَجب عَلَيْهِ الرُّكُوع مَعَه

Dan apabila Makmum mendapati Imamnya berdiri sebelum ruku', Ia ikut berdiri bersama Imam. Apabila dia mendapat waktu yang cukup untuk membaca Fatihah bersama imam sebelum ruku' - dengan bacaan yang sedang / tidak terlalu cepat - , maka Dia disebut Makmum Muwafiq. Sebagai Makmum Muwafiq berkewajiban menyempurnakan bacaan Fatihahnya dan tidak mengapa meskipun tertinggal sampai tiga rukun panjang, seperti penjelasan yang telah lalu. Dan jika Makmum tidak mendapati waktu yang cukup untuk membaca Fatihah, maka Ia dinamakan Makmum Masbuq. Ia wajib membaca Fatihah yang masih mungkin untuk dibaca, dan ketika Imam ruku’ maka wajib baginya untuk ruku’ bersama dengan Imam.


والله أعلم بالصواب

 و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 


PENANYA

Nama : Farhan A.M. 
Alamat : Wringin Agung Jombang Kencong Jember Jawa Timur
____________________

MUSYAWWIRIN :

Member Group WA Tanya  Jawab Hukum.

PENGURUS :

Ketua : Ust. Zainullah Al-Faqih
Wakil : Ust. Suhaimi Qusyairi
Sekretaris : Ust. Sholihin
Bendahara : Ust. Syihabuddin

TIM AHLI :

Kordinator Soal : Taufik Hidayat
Moderator : Ust. Zainullah Al-Faqih
Perumus : Ust. Zainul Qudsiy, Ust. Robit Subhan
Muharrir : Ust. Mahmulul Huda, Ust. Anwar Sadad
Editor : Hosiyanto Ilyas

PENASEHAT : Gus Abd. Qodir

LINK GROUP TANYA JAWAB HUKUM :
https://t.me/joinchat/ER-KDnY2TDI7UInw

_________________________

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

Hukum Anak Zina Lahir 6 Bulan Setelah Akad Nikah Apakah Bernasab Pada Yang Menikai Ibunya ?

Hukum Menjima' Istri Sebelum Mandi Besar ?