Apa itu Syariat Tarekat dan Hakikat ?

HASIL KAJIAN BM NUSANTARA 
(Tanya Jawab Hukum Online)

 السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

DESKRIPSI:

Badriyah (nama samaran) merupakan seorang Muslimah yang rajin beribadah dan Sholat berjema'ah di Masjid. Suatu ketika saat dalam perjalanan pulang dari Masjid, Badriyah bertemu dengan Rosyidah (tetangga dekat Badriyah) lalu Rosyidah berbicara tentang Syari'at, Tarekat dan Hakikat.

Kemudian Rosyidah mengatakan pada Badriyah bahwasanya "ibadah itu bukan hanya sholat aja, masih banyak ibadah yang lain selain sholat, percuma sholat kalau tidak tahu makna dari bismillah dan bacaan dari setiap gerakan sholat dan percuma kalau Ibadah cuman menjalankan syariat saja tanpa tahu tarekat dan hakikat."

PERTANYAAN:

Apa itu syariat tarekat dan hakikat?

JAWABAN:

Syariah adalah sisi praktis dari ibadah dan muamalah dan perkara-perkara ubudiyah. Tempatnya adalah anggota luar dari tubuh.

Tarekat adalah kesungguhan hati (mujahadah al-nafs) dan meningkatkan kualitas karakter hati yang kurang menuju kesempurnaan. Tariqah adalah jembatan yang menjadi perantara dari syariah menuju hakikat.

Hakikah adalah anugerah Allah pada kalangan Al-Arif (orang yang mencapai makrifat) berupa ilmu, rahasia (asrar) dan lathaif (kelembutan).

REFERENSI:

مراقي العبودية، الصحفة ٤ 

ولكن ينبغي لك أن تعلم قبل كل شيء أن الهداية التي هي ثمرة العلم لها بداية ونهاية وظاهر وباطن، ولا وصول إلى نهايتها إلا بعد إحكام بدايتها

Artinya: Akan tetapi seyogyanya bagi kamu untuk mengetahui sebelumnya sesuatu bahwa hidayah yakni buah dari ilmu itu memiliki permulaan dan akhiran, memiliki dzohir dan bathin, dan tidak mungkin mencapai pada akhiran suatu ibadah kecuali setelah mengokohkan permulaan ibadah.

 أن الهداية أي سلوك الطريق إلى الله تعالى (التي هي ثمرة العلم لها بداية) وهي المسماة بالشريعة والطريقة ونهاية) وهي المسماة بالحقيقة لأن حقيقة الشيء منتهاه وهي ثمرة الشريعة والطريقة معا كما قال شیخ الاسلام وثمرة الطريقة فقط على ما قاله الصاوی


Sesungguhnya hidayah yakni perilaku jalan menuju Allah SWT (yakni buah ilmu, itu memiliki permulaan) yakni yang dinamakan dengan syariat dan thoriqoh (dan memiliki puncak) yakni yang dinamakan dengan hakikat, karena hakikatnya sesuatu itu adalah puncaknya sesuatu tadi, yakni buahnya syari'at dan thoriqot secara bersamaan, seperti yang disampaikan syaikhul Islam, dan buahnya thoriqot saja seperti apa yang disampaikan Imam As-Shawi.

وظاهر و باطن فان كل باطن له ظاهر وعكسه فالشريعة ظاهر الحقيقة والحقيقة باطنها وهما متلازمان معنی فشريعة بلا حقيقة عاطلة أي خالية من الثمرات وحقيقة بلا شريعة باطلة أي لاغية لا خير فيها ولا حاصل لها قال بعضهم نظما من بحر البسيط: بل التصوف أن تصفو بلا كدر # وتتبع الحق والقرآن والدينا. وأن تری خاشعا لله مكتئبا # على ذنوبك طول الدهر محزونا

Memiliki zahir dan batin karena setiap batin pasti memiliki zahir, dan sebaliknya, maka syariat adalah zahirnya hakikat, haqiqat batinnya syariat, dan keduanya saling mengikat dari segi makna, maka syariat tanpa haqiqat itu sunyi dari beberapa buah, dan hakikat tanpa syariat itu batal artinya tidak berfungsi, tidak ada kebaikan didalamnya, tidak ada hasil baginya, sebagian Ulama' menyampaikan dengan berupa nadzhom dari Bahar Basith: Bahkan tashawuf engkau jernih tanpa keruh # dan engkau mengikuti kebenaran, Al-Qur'an, dan Agama. Dan engkau hendaknya tenang untuk Allah, merasa sedih # atas beberapa dosamu, sepanjang masa merasa sedih.
 
قال الصاوي: والشريعة هي الأحكام التي كلفنا بها رسول الله عن الله جل وعلا من الواجبات والمندوبات والمحرمات والمكروهات والجائزات وقيل هي الأخذ بدين الله تعالى والقيام بالأمر والنهي

Imam As-Shawi berkata: Dan syariat adalah beberapa hukum yang dibebankan Rosulullah SAW pada Kita dari Allah SWT, yakni berupa beberapa kewajiban, kesunahan, keharaman, kemakruhan, dan beberapa yang diperbolehkan. Dan menurut pendapat lain: Syariat adalah mengambil Agama Allah SWT dan melakukan perintah dan menjauhi larangan.

 والطريقة هي العمل بالواجبات والمندوبات والترك للمنهيات والتخلي عن فضول المباحات والأخذ بالأحوط كالورع وبالرياضة من سهر وجوع وصمت

Dan thoriqot adalah mengamalkan kewajiban, kesunahan, meninggalkan hal-hal yang dilarang, dan menghindari berlebihan dari perkara perkara yang diperbolehkan, dan mengambil dengan lebih berhati-hati sebagai mana orang yang wira'i, dan dengan riyadhoh (latihan) mulai dari begadang, lapar, dan diam.

والحقيقة فهم حقائق الاشياء كشهود الاسماء والصفات وشهود الذات وأسرار القرآن وأسرار المنع والجواز والعلوم الغيبية التي لا تكتسب من معلم وانما تفهم عن الله كما قال تعالى ان تتقوا الله يجعل لكم فرقانا أي فهما في قلوبكم تأخذونه عن ربكم من غير معلم

Dan haqiqat adalah memahami beberapa haqiqat sesuatu seperti melihat beberapa nama, dan shifat. Dan menyaksikan zatnya Allah dan rahasia-rahasia Al-Qur'an, larangan, dan kebolehan, dan ilmu-ilmu ghaib yang tidak bisa dihasilkan dari seorang guru, dan hanya bisa difahami dari Al-Qur'an, seperti firman Allah SWT:" kalau kamu bertaqwa pada Allah SWT, maka Allah SWT menjadikan kepahaman untuk kalian semua" maksudnya suatu kepahaman dalam hati, kalian ambil kepahaman tadi dari Tuhan kalian tanpa lewat seorang guru.

 وقال تعالى واتقوا الله ويعلمكم الله أي بغير واسطة معلم كما قال الإمام مالك رضي الله عنه من عمل بما علم ورثه الله علم مالم يعلم فأفاد بهذه الكلمات الشريعة والطريقة والحقيقة فأشار بقوله علم الى الشريعة وبقوله عمل إلى الطريقة وبقوله ورثه الله علم مالم يعلم إلى الحقيقة اه‍

Allah SWT berfirman: "Bertakwalah pada Allah dan Allah akan mengajarkan pada kalian semua" artinya tanpa perantara seorang guru, seperti apa yang disampaikan Imam Malik rodhiy Allah 'anhu: "Barang siapa yang mengamalkan ilmunya maka Allah SWT mewariskan suatu ilmu yang belum diketahui" maka Imam Malik memberikan faidah dengan beberapa kalimat ini terhadap syariat, thoriqot, dan haqiqat. Maka Imam Malik mengisyaratkan dengan perkataan beliau berupa" ilmu" pada syariat, dengan perkataan beliau berupa" mengamalkan" pada thoriqot, dengan perkataan beliau berupa" maka Allah SWT mewariskan suatu ilmu yang belum diketahui" pada hakikat.


مراقي العبودية، الصحفة ٥

و مثل بعضهم الشريعة بالسفينة والطريقة بالبحر والحقيقة باللؤلؤ فلا يحتصل اللؤلؤ الا من البحر ولا يتوصل الى لجة البحر الا بالسفينة

Artinya: Sebagian Ulama' mengumpamakan syariat dengan perahu, thoriqot dengan laut, hakikat dengan intan. Maka intan tidak dapat diperoleh kecuali dari laut, dan tidak dapat mencapai tengah laut kecuali dengan perahu

ومثل بعضهم هذه الثلاثة بالنرجيل فالشريعة كالقشر الظاهر والطريقة كاللب والحقيقة كالدهن الذي في باطن اللب فلا يتحصل الدهن الا بعد دق اللب ولا يتوصل الى اللب الا بخرق القشر ويقال للشريعة عبادة وللطريقة عبودية وللحقيقة عبودة، قال أبو علي الدقاق العبادة للعوام من المؤمنين والعبودية للخواص والعبودة الخاص الخواص

Dan sebagian Ulama' mengumpamakan tiga hal ini dengan kelapa, maka syariat bagaikan kulit, thoriqot bagaikan isi kelapa, hakikat bagaikan minyak yang terdapat pada isi kelapa. Maka minyak tidak dapat diperoleh kecuali dengan menumbuk isi kelapa, dan tidak dapat mencapai isi kelapa kecuali dengan memecah kulitnya. Dan diucapkan untuk syariat suatu ibadah, untuk thoriqot suatu pengabdian, untuk hakikat suatu kebudakan. Imam Abu Ali Addaqqoq berkata: "Ibadah untuk orang awam, pengabdian untuk orang khusus, kebudakan untuk lebih khususnya orang orang khusus.


 تحفة الحبيب على شرح الخطيب، الجزء ١ الصحفة ١٢ 

مبحث في قولهم : حقيقة بلا شريعة باطلة وشريعة بلا حقيقة عاطلة وقوله: (العارفين) جمع عارف وهم علماء الحقيقة، وبالضرورة يلزمها علم الشريعة لما صرحوا به من قولهم حقيقة بلا شريعة باطلة وشريعة بلا حقيقة عاطلة ، مثال الأول إذا قلت لشخص : صلّ الظهر ، فقال : إن كان الله كتبني سعيداً أدخلت الجنة وإن لم أصلّ ، أو إن كان الله قدّر لي أن أصلي صليت فقد نظر لباطن الأمر ، ومثال الثاني إذا قال الشخص : لا أصلي إلا لأجل أن أدخل الجنة ولا أدخل الجنة إلا بالصلاة مثلاً ، فهذه شريعة عاطلة عندهم ، ومعنى كونها عاطلة أن وجودها كعدمها عندهم ، لأن دخول الجنة بفضل الله تعالى لا بالعمل وإن كانت مجزئة في أداء الواجب

Artinya; Pembahasan ucapan Ulama' berupa, "Hakikat tanpa syariat itu batal, syariat tanpa haqiqat itu kosong". Ucapan pengarang kitab, al-Arifin adalah jama'nya kata Arif, Al Arifin adalah Ulama' hakikat, secara otomatis mereka harus mengetahui syariat, karena ucapan mereka yang sudah dijelaskan berupa:"hakikat tanpa syariat itu batal, syariat tanpa haqiqat itu kosong". Contoh awal adalah ketika kamu berkata pada seseorang: "Sholatlah Dzuhur", kemudian Ia menjawab: "Apabila Allah SWT menulis ku sebagai orang yang selamat, maka masuk surga walaupun Aku tidak sholat, atau Ia menjawab: "Apabila Allah SWT mentakdirkanku untuk sholat maka aku sholat", maka orang tadi benar-benar melihat pada bathinnya suatu perkara. Contoh yang kedua adalah ketika orang berkata: "Saya tidak akan sholat kecuali karena Saya akan masuk surga, dan saya tidak masuk surga kecuali dengan sholat" semisal. Maka hal ini termasuk syari'at yang kosong menurut Ulama' hakikat, arti adanya syariat itu kosong adalah wujudnya itu seperti tidak ada menurut Ulama' hakikat, karena masuknya surga itu dengan anugerahnya Allah SWT, tidak dengan amal Manusia, walaupun sholatnya tadi sudah mencukupi pada kewajibannya.

(مبحث في الشريعة والطريقة والحقيقة)
واعلم أن لهم شريعة وهي أن تعبده تعالى، فعبادة الله تعالى شريعة عندهم لأنها المقصودة منها وإن كانت الشريعة عند الفقهاء ما شرعه الله تعالى من الأحكام، وطريقة وهي أن تقصده بالعلم والعمل، وحقيقة وهي نتيجتهما وهي أن تشهد بنور أودعه الله في سويداء القلب أي وسطه أن كل باطن له ظاهر وعكسه أي كل ظاهر له باطن معلوم كخرق الخضر للسفينة فإنه وإن كان منكراً ظاهراً فهو جائز في الباطن، لأنه سبب لنجاة السفينة من الملك، والأولى أن تعرّف الحقيقة بعلم بواطن الأمور كعلم الخضر بأن ما فعله مع موسى من خرق السفينة وغيرها فيه مصلحة، وإن كان ظاهره مفسدة في البعض، والشريعة ظاهر الحقيقة والحقيقة باطنها وهما متلازمان معنى كما سبق ومثلت الثلاثة بالجوزة، فالشريعة كالقشر الظاهر، والطريقة كاللب الخفي، والحقيقة كالدهن الذي في باطن اللب، ولا يتوصل إلى اللب إلا بخرق القشر ولا إلى الدهن إلا بدقّ اللب

(Pembahasan syariat, thoriqot, dan hakikat)
Ketahuilah, Ulama' hakikat mempunyai syariat yakni kamu beribadah kepada Allah, maka beribadah kepada Allah SWT itu syariat menurut Ulama' hakikat, karena ibadah adalah suatu hal yang dimaksud dari syariat, walaupun syariat menurut Ulama' fiqih adalah segala yang disyariatkan Allah SWT, berupa beberapa hukum. Dan thoriqot, yakni kamu menuju pada Allah, dengan cara ilmu dan amal. Dan hakikat yakni buah dari syariat dan thoriqot, yakni kamu mengetahui dengan cahaya yang dititipkan Allah SWT padamu didalam gelapnya hati alias tengahnya hati, bahwa setiap bathin pasti punya dzohir. Dan kebalikannya artinya setiap dzohir punya bathin, seperti membedahnya Nabi Khidir pada perahu, karena walaupun itu Munkar secara dzohir tapi itu boleh secara bathin, karena itu menjadi sebab selamatnya perahu dari raja. Dan lebih baik agar hakikat didefinisikan dengan mengetahui beberapa bathinnya perkara, seperti mengetahuinya Nabi Khidir dengan apa yang dikerjakannya beserta Nabi Musa berupa membedah suatu perahu dan yang lainnya bahwa hal itu termasuk kemaslahatan, walaupun secara dzohir itu suatu mafasdah dalam sebagian kasus. Syariat itu dzohirnya hakikat, hakikat itu bathinnya syariat, dan keduanya saling mengikat secara makna seperti yang sudah lewat, dan ketiganya tadi diumpamakan seperti kelapa, maka syariat bagaikan kulit luar, dan thoriqot bagaikan isi kelapa yang samar, dan hakikat bagaikan minyak yang terdapat pada isi kelapa, dan tidak bisa mencapai pada isi kulit kecuali dengan membedah kulit, dan tidak bisa mencapai pada minyak kecuali dengan menumbuk isi kelapa.


والله أعلم بالصواب

 و السلام عليكم ورحمة الله وبركاته 

PENANYA:

Nama : Zahra
Alamat : Banyuates Sampang Madura
_______________________________

MUSYAWWIRIN :

Member Group Whatsapp Tanya Jawab Hukum.

PENGURUS :

Ketua : Ust. Zainullah Al-Faqih
Wakil : Ust. Suhaimi Qusyairi
Sekretaris : Ust. Sholihin
Bendahara : Ust. Syihabuddin

TIM AHLI :

Kordinator Soal : Ust. Qomaruddin
Deskripsi masalah : Ust. Taufik Hidayat
Moderator : Ust. Zainullah Al-Faqih
Perumus : Ust. Asep Jamaluddin, Ust. Anwar Sadad, Ust. Zainul Qudsiy
Muharrir : Ust. Mahmulul Huda,
Editor : Ust. Hosiyanto Ilyas
Terjemah Ibarot : Ust. Robit Subhan, Ust. Abd. Lathif

PENASEHAT :

Habib Abdullah bin Idrus bin Agil
Gus Abd. Qodir
______________________________

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Group BM Nusantara (Tanya Jawab Hukum Online)

Hukum Anak Zina Lahir 6 Bulan Setelah Akad Nikah Apakah Bernasab Pada Yang Menikai Ibunya ?

Hukum Menjima' Istri Sebelum Mandi Besar ?